MENELUSURI RELASI MATEMATIS: PARADOKS ZENO DALAM KONTEKS KALKULUS DAN TEORI LIMIT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42004Keywords:
Teori Limit, Paradoks Zeno, Kalkulus, Gerakan, KonvergensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara teori limit dan paradoks Zeno dalam konteks kalkulus dan pemahaman gerakan. Paradoks Zeno, khususnya kasus Achilles dan Kura-kura, menggugah pertanyaan mendalam tentang sifat gerakan dan pembagian ruang dan waktu yang tampaknya tak terhingga. Dengan menerapkan metode analisis deskriptif, penelitian ini menguraikan bagaimana teori limit dapat menjawab tantangan yang diajukan oleh Zeno, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep konvergensi dalam urutan tak terhingga. Melalui pembahasan yang komprehensif, penelitian ini juga menyoroti relevansi teori limit dalam pengembangan konsep matematis lainnya, seperti derivatif dan integral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limit bukan hanya solusi matematis untuk paradoks Zeno, tetapi juga alat yang penting dalam analisis gerakan, memungkinkan kita untuk memahami dan menggambarkan fenomena kompleks di dunia nyata. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara pemikiran matematis dan filosofis dalam menjelaskan realitas yang kita hadapi.References
Didehvar, F. (2022). Zeno Paradox, Unexpected Hanging Paradox (Modeling of Reality & Physical Reality, A Historical-Philosophical view).
Fahim, K., MUHAMMAD, D., YUNUS, M., USADHA, I. G. N. R., SUNARSINI, S., & SADJIDON, S. (2024). SIMULASI PERMASALAHAN BENDA JATUH DALAM KALKULUS KUANTUM. Jurnal Matematika UNAND, 13(1), 14-25.
Koetsier, T. (2023). A History of Kinematics from Zeno to Einstein: On the Role of Motion in the Development of Mathematics (Vol. 46). Springer Nature.
Mujibuddin, M. (2023). Buku Pintar Filsafat Klasik: Memahami Intisari Filsuf Klasik Dari Era Pra-Sokrates Sampai Aristoteles. Anak Hebat Indonesia.
Mutlu, R., & Kumru, T. D. (2023). A Zeno Paradox: some well-known nonlinear dopant drift memristor models have infinite resistive switching time. Radio Engineering, 32(3), 312-324.
Ria, A. M., Lusiana, L., & Fuadiah, N. F. (2023). Desain Didaktis Materi Limit Fungsi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 862-873.
Rosyani, P., Riski, A., Ripan, F. G., & Rifai, M. H. (2023). PERHITUNGAN LIMIT FUNGSI PADA BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON. ALKHAWARIZMI: Jurnal Matematika, Algoritma dan Sains, 1(1), 46-49.
Silveira Monteiro, L. C. (2022). Semiosis to communicate mathematics: Complementarity in the circularity of interpretations in mathematics for the development of creativity. The Mathematics Enthusiast, 19(2), 563-593.
Yan, P., & Liu, S. (2020, November). Research on Higher Mathematics Teaching Reform Incorporating Ideological and Political Elements in the Course—Take the Concept of Constant Term Series as an Example. In 2020 5th International Conference on Modern Management and Education Technology (MMET 2020) (pp. 710-714). Atlantis Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurliani Manurung, Aisyah Nadila, Asri Zulhalizah, Annisa Yarmita, Dinda Irwani, Stevanus Binsar H. Sianipar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.