IMPLEMENTASI TEORI AKUNTANSI DALAM MATERI PROSPECTIVE ANALYSIS PADA MATA KULIAH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.42337Keywords:
Teori Akuntansi, Analisis Prospektif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Analisis Laporan Keuangan, Pendidikan AkuntansiAbstract
Penelitian ini mengevaluasi implementasi teori akuntansi dalam pembelajaran prospective analysis pada mata kuliah Analisis Laporan Keuangan bagi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hasil menunjukkan bahwa penerapan teori akuntansi meningkatkan pemahaman konseptual mahasiswa, meskipun integrasi teori dan praktik masih menjadi kendala. Metode Problem-Based Learning (PBL) efektif meningkatkan pemahaman analitis, tetapi pengalaman praktik mahasiswa masih perlu diperkuat. Hasil analisis menunjukkan hubungan signifikan antara pemahaman teori akuntansi dan kemampuan proyeksi keuangan (koefisien regresi 0,749, korelasi 0,725), namun kesiapan mahasiswa untuk menerapkan analisis prospektif di dunia kerja masih rendah. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan simulasi perangkat lunak keuangan, studi kasus realistis, dan keterlibatan langsung dengan praktisi untuk menjembatani kesenjangan teori dan praktik serta meningkatkan kompetensi mahasiswa.References
Ardi. (2012). The 16 MAP. 118–125.
Bonang, D. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 155–165. https://doi.org/10.32505/v4i2.1256
Ernawati, & Ulfani A. (2023). Implementasi Teori Akuntansi Dalam Era Digital Dan Transformasi Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, Vol.1, No.(2), 296–301.
Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Issalillah, F., Munir, M., & Retnowati, E. (2022). Analisis Korelasi Antara Role Stress Dan Komitmen Organisasi. Jurnal Baruna Horizon, 4(2), 79–83. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v4i2.60
Priyana, Y. (2022). Alasan Mempertimbangkan Etika dalam Profesi Akuntansi. Jurnal Multidisiplin West Science, 01(01), 21–27.
Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Salsabila, S. (2024). ANALISIS PROSPEKTIF DALAM LAPORAN KEUANGAN PERBANKAN : STUDI KASUS KINERJA KEUANGAN BANK JATIM PERIODE 2022. 1(1), 64–71.
Siallagan, H. (2016). Buku Teori Akuntansi Edisi Pertama. LPPM UHN Press, 1, 285.
Siti Nur Adillah, Cici Putri Ardyanti, & Nurlaila Nurlaila. (2023). Implementasi Teori Akuntansi Dalam Perumusan Standar Akuntansi Pelaporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 199–211. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.525
Tinambunan, E. (2022). Pengaruh Pengetahuan Awal, Minat Dan LingkunganBelajar Terhadap Prestasi Belajar Analisis LaporanKeuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UniversitasIslam Riau. Perpustakaan Universitas Islam Riau.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono, P. D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. BOGOR: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angelita Angelita, Sohidin Sohidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.