ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN LABA BERBASIS STUDI KASUS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEORI AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS

Authors

  • Dini Eva Universitas Sebelas Maret
  • Sohidin Sohidin Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39756

Keywords:

Manajemen Laba, Studi kasus, Pemahaman Teori Akuntansi

Abstract

Praktik manajemen laba sering dibahas dalam studi akuntansi, yang umum dilakukan hingga mempengaruhi nilai perusahaan. Pendekatan berbasis studi kasus relevan dengan mahasiswa terkhusus pada topik manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran manajemen laba berbasis studi kasus, serta mengidentifikasi perubahan pemahaman mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini menggunakan survei kuantitatif dengan kuesioner, serta metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka berbasis bibliometrik. Menggunakan analisis regresi, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pembelajaran berbasis studi kasus berpengaruh terhadap pemahaman teori akuntansi, koefisien regresi sebesar 0,675 (P-Value < 0,05). Uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif antara kedua variabel (P-Value 0,00 < 0,05), dengan rentang Confidence Interval antara 0,572-0,840. Hasilnya menunjukkan bahwa metode studi kasus meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip akrual, relevansi, dan keandalan informasi laporan keuangan. Pemahaman terhadap teknik dan dampak manajemen laba juga meningkat. Dengan demikian, pembelajaran berbasis studi kasus dinilai efektif.

References

Agustia, D., & Palupi, A. (2016). Praktik creative accounting pada koperasi di jawa timur.

Ekuitas Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 20(4), 522–543

Almutawa, A., dan Hewaidy, A. M. (2020). Accounting Students’ Perception of Corporate

Social Responsibility: Evidence from Kuwait. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 14, Issue 9).

www.ijicc.net

Anjani, N. L. W. H., Mertawati, N. L. P. A., Pinasti, D. R., Ariningsih, N. L., Putra, G.

A. E. D., Wijana, P., ... & Wahyuningtyas, I. T. (2024). BUNGA RAMPAI AKUNTANSI: PELUANG DAN TANTANGAN MASA DEPAN. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Atahau, C. A., De Rozari, P. E., Makatita, R. F., & Foenay, C. C. (2024). PENGARUH

LEVERAGE PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(3), 571-578.

Rebele, J., & St. Pierre, K. (2019). A commentary on learning objectives for

accounting education programs: The importance of soft skills and technical knowledge. Journal of Accounting Education.

https://doi.org/10.1016/J.JACCEDU.2019.07.002.

Carnegie, G. D., McBride, K. M., Napier, C. J., & Parker, L. D. (2020). Accounting history and

theorising about organisations. British Accounting Review, 52(6), 100932. https://doi.org/10.1016/j.bar.2020.100932

Carvalho, C., & Almeida, A. (2022). The Adequacy of Accounting Education in the

Development of Transversal Skills Needed to Meet Market Demands. Sustainability. https://doi.org/10.3390/su14105755.

Coetsee, D. (2010). The role of accounting theory in the development of accounting principles.

Meditari Accountancy Research, 18(1), 1–16. https://doi.org/10.1108/10222529201000001

Fransesco, T., Patty, Q., & Lamawitak, P. L. (2021). Positive And Normative Accounting

Theory?: Definition And Development. International Journal of Economics, Management, Business and Social Science (IJEMBIS), 1(2), 184–193.

Harahap, M. A., & Siregar, S. (2022). Perkembangan Teori Akuntansi: Tinjauan Literature

Terpilih. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(1), 48-56.

Hery, S. E. (2023). Teori akuntansi: Pendekatan konsep dan analisis. Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Hidayat, D. R., Perdana, D. A., Mayangsari, S., & Oktris, L. (2021). Pengaruh Other

Comprehensive Income, Karakteristik Komite Audit Dan Kualitas Audit Terhadap Real Earning Management Dengan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti Vol, 8(2).

Indriani, E., Ramadhani, R. S., & Astuti, W. (2020). Standar akuntansi keuangan dan

praktik manajemen laba di indonesia. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 4(2), 226-237.

Nayiroh, S. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi praktik manajemen

laba. E-Journal Universitas Dian Nuswantoro.

Nurfauzan, M. I., & Faizatunnisa, H. 2021. Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Covid-19 Di Indonesia Pada Bidang Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Bisnis Strategi. 30(2): 90-100.Phelan, A., Ruhanen, L., & Mair, J. (2020). Ecosystem services approach for community-based ecotourism: towards an equitable and sustainable blue economy. Journal of Sustainable Tourism, 28, 1665 - 1685. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1747475.

Purwanti, L., Triyuwono, I., Irianto, G., & Riduwan, A. (2015). Cosmetics and tricks: Representing the meanings of earning management practices. Prosedia Social and Behavioral Sciences, 17-18 September, 704–710. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.106

Riduwan, A. (2012). Realitas dalamcermin retak: Laba akuntansi dalam bingkai penafsiran praktisi bisnis non-akuntan. Ekuitas Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 16(2), 1–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i2.212

Scott, W. . (2011). Financial Accounting Theory. Prentice-Hall

Setiowati, D. P., Salsabila, N. T., & Eprianto, I. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Economina, 2(8), 2137-2146.

Siallagan, H. (2020). Teori Akuntansi Edisi Pertama.

Silva, A., Zonatto, V., Magro, C., & Klann, R. (2018). Sticky costs behavior and

earnings management. Brazilian Business Review, 16(2), 191–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15728/bbr.2019.16.2.6

Subadriyah, S., Sa’diyah, M., & Murniati, M. (2020). Praktik manajemen laba: Sebuah kajian

studi hermeneutika. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 225-242.

Sugiarti, Y., dan Tresna Santhi, N. L. P. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Studi

Kasus Untuk Membentuk Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR)“Studi Kasus Di PTS X Surabaya”. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 136-147.

Tan, H. (2019). Using a structured collaborative learning approach in a case-based management

accounting course. Journal of Accounting Education, 49, 100638. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2019.100638.

Umah, A. K., & Sunarto. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba

Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2015-2020. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(02), 531–540

Viviers, H., & de Villiers, R. (2020). Teaching methodology in accounting education.

In South African Accounting Education Stocktake (pp. 27–56). African Sun Media.

https://doi.org/10.18820/9781928480471/02

Wang, L. (2023). The Impact of Student-Centered Learning on Academic Motivation

and Achievement: A Comparative Research between Traditional Instruction and Student-Centered Approach. Journal of Education, Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.54097/ehss.v22i.12463.

Yorke, S. M., Amidu, M., & Agyemin- Boateng, C. 2016. The Effects of Earning

Management And Corporate Tax Avoidance on Firm Value. International Journal of Management Practices. Vol 9. No 2. 112-131 pp.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Eva, D., & Sohidin, S. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN LABA BERBASIS STUDI KASUS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEORI AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19113–19123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39756

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.