EKSPLORASI PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS TERHADAP PENGELOLAAN INFORMASI AKUNTANSI: ANTARA TEORI, PRAKTIK, DAN KEBUTUHAN PROFESIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39906Keywords:
Teori Akuntansi, Praktik Profesional, Pengelolaan Informasi Akuntansi, Regresi, KorelasiAbstract
Eksplorasi informasi akuntansi merupakan upaya memahami bagaimana data keuangan dikelola, diolah, dan digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif. Dalam konteks pendidikan akuntansi, pemahaman ini melibatkan sinergi antara teori yang diajarkan di kelas, pengalaman praktik di lapangan, dan kebutuhan profesional yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan informasi akuntansi, dengan fokus pada hubungan antara teori yang dipelajari, praktik yang dialami, dan kebutuhan profesional. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 mahasiswa untuk selanjutnya dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa teori akuntansi berkontribusi signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengelola informasi akuntansi, dengan model regresi menjelaskan 59.13% variabel dependen. Uji korelasi Pearson juga menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara pemahaman teori dan kemampuan praktik mahasiswa. Namun, sekitar 40.87% dari variasi data dijelaskan oleh faktor eksternal seperti pengalaman lapangan dan perkembangan teknologi. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara teori dan praktik serta perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih aplikatif untuk memenuhi kebutuhan profesional yang terus berkembang.References
AASB, C. F. (2019). Conceptual framework for financial reporting.
Ahmad, B. , D. M. R. M. , R. N. H. A. , N. N. A. A. , & A. M. A. (2018). Does Accounting Internship Affect Students’ Knowledge, Soft Skills and Personal Quality? Advanced Science Letters, 24(4), 2252–2256.
Ayunda Putri A. Siregar, Nadya Dinul Qoyyimah, Azizah Surayya, Sahraini Yamni N. F. Nasution, & Deasy Yunita Siregar. (2023). Pengaruh Magang Pendidikan Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.567
Azzahra, B. (2020). Akuntan 4.0: roda penggerak nilai keberlanjutan perusahaan melalui artificial intelligence & tech analytics pada era disruptif. . Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 16 (2), 87–100.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage publications.
Cunha, T., Martins, H., Carvalho, A., & Carmo, C. (2022). Not Practicing What You Preach: How Is Accounting Higher Education Preparing the Future of Accounting. Education Sciences, 12(7), 432. https://doi.org/10.3390/educsci12070432
Hair, J. (2009). Multivariate Data Analysis. Exploratory factor analysis.
Hasanah, U., & Dinalestari Purbawati, S. E. (2024). Digitalisasi Akuntansi: Transformasi, Teknologi dan Tren. Jakad Media Publishing.
Indra Satata, D. P. , D. T. P. , & P. A. (2024). Peningkatan kompetensi akuntan melalui integrasi teknologi data, blockchain dan artificial intelligence dalam kurikulum akuntansi untuk menghadapi revolusi industri 5.0. Accounting Global Journal, 8(2), 95–110.
Kusumawati, A. , A. H. , M. A. , N. A. I. P. (2023). The Role of Experiential Learning in Stimulating Active Learning: Study in Accounting Education. . Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21 (1), 41–53.
Moll, J., & Yigitbasioglu, O. (2019). The role of internet-related technologies in shaping the work of accountants: New directions for accounting research. The British Accounting Review, 51(6), 100833. https://doi.org/10.1016/j.bar.2019.04.002
Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Routledge.
Pertiwi, T. P. , P. D. D. , F. W. D. , N. A. H. , M. R. , & I. S. (2024). Strategi pengembangan kompetensi dosen untuk menanggapi tantangan pendidikan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1–15.
Pradnyani, P. E. (2020). BAB 4 STATISTIKA INFERENSIAL. In DASAR BIOSTATISTIKA UNTUK PENELITI (p. 83).
Putri, B. Z., & Safira, S. R. (2023). Perbandingan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Dalam Pembelajaran Mengenai Perpajakan Secara Teori dan Praktik. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(3), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14016570
Putri, E. A., Faradiva, F. S., Nazilah, R., & Aji, G. (2024). Dampak pengembangan praktik teori akuntansi syariah di Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(2), 297–303. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.143
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tandiono, R., Ratnawati, A. T., Gusneli, G., Ilham, I., Martini, R., Waty, E., & Devi, E. K. (2023). TEORI AKUNTANSI: Konsep, Aplikasi, dan Implikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Turner, L., Weickgenannt, A. B., & Copeland, M. K. (2020). Accounting information systems: controls and processes. John Wiley & Sons.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chintya Maria Ashyfa Alamsyah, Sohidin Sohidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.