PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25079Keywords:
Kemampuan Metakognitif, Problem Based Learning, Konvensional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII- D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 82,53, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,43. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil analisis regresi sederhana dan uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai ??i???g > ?????? (17,726 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.References
Latifah, M. N., & Karim, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. EDUCATIONAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(4): 309–316.
Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1): 133–139.
Sa’dullah, M. M. (2023). Pembelajaran Matematika Materi Pokok Kesebangunan Bangun Datar dengan Strategi Kokom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9 SMP Negeri 2 Sukodadi Lamongan. Journal on Education, 05(02): 4898–4906.
Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1): 129–140.
Sembiring, M. B., Octariani, D., & Rambe, I. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1): 36–41.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1): 43-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mario Antonius Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.