PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN

Authors

  • Mario Antonius Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Nurliani Manurung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25079

Keywords:

Kemampuan Metakognitif, Problem Based Learning, Konvensional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII- D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 82,53, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,43. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil analisis regresi sederhana  dan uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai ??i???g > ?????? (17,726 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

References

Latifah, M. N., & Karim, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. EDUCATIONAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(4): 309–316.

Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1): 133–139.

Sa’dullah, M. M. (2023). Pembelajaran Matematika Materi Pokok Kesebangunan Bangun Datar dengan Strategi Kokom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9 SMP Negeri 2 Sukodadi Lamongan. Journal on Education, 05(02): 4898–4906.

Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1): 129–140.

Sembiring, M. B., Octariani, D., & Rambe, I. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1): 36–41.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1): 43-52.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Sitohang, M. A. ., & Manurung, N. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1236–1241. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25079

Most read articles by the same author(s)