PERAN SEJARAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36042Keywords:
Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Sejarah MatematikaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran sejarah matematika dalam pembelajaran matematika, yang menekankan pentingnya integrasi konteks historis untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi siswa. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasikan bahwa sejarah matematika tidak hanya memberikan wawasan tentgang perkembangan konsep dan metode matematika, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk membangun pembelajaran yang bermakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang perjalanan sejarah matematika dapat mengubah persepsi siswa terhadap kesulitan matematika, meningkatkan rasa percaya diri, dan mendorong keinginan untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Selain itu, penelitian ini menyoroti bagaimana penerapan sejarah dalam pembelajaran dapat menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa.Downloads
Published
2024-10-29
How to Cite
Manurung, N. ., Silitonga, S. ., Simatupang, C. N. F. ., Siregar, M. A. S. ., Marbun, A. K. ., & Gaol, G. L. . (2024). PERAN SEJARAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16036–16040. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36042
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nurliani Manurung, Saputri Silitonga, Citra Nada F Simatupang, Muhammad Alfi Syahrin Siregar, Amelya Krisdayani Marbun, Gloria Lumban Gaol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.