TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Augusta De Jesus Magalhaes STKIP Sinar Pancasila
  • Putu Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Wisna Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astra Wesnawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41444

Keywords:

Kognitif, Jean Piaget, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada penerapan teori Jean Piaget dalam pembelajaran IPS. Jean Piaget merupakan pendiri pembelajaran konstruktivis. Jean Piaget memberikan pandangan bahwa pada dasarnya setiap siswa memiliki pengetahuan sebelum mereka diperlakukan dalam proses pembelajaran. Perkembangan kognitif juga mencakup teori perkembangan logika moral. Dimana pembelajaran erat kaitannya dengan sosial, nilai dan moralitas, pembelajaran studi sosial cenderung pada kognisi sosial sehingga mempengaruhi moralitas siswa, dan internalisasi nilai dan moral dalam pembelajaran IPS sangat perlu dipersiapkan dan direncanakan secara berkelanjutan. Semakin tinggi tingkat kognitif, semakin matang elemen komprehensif dan tanggung jawab dari seseorang tersebut, sehingga sikap dan tindakan mereka selalu berdampak pada tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri dan lingkungan tempat mereka berada

References

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466-471.

Hergen B. R & Matthew H. Olson. 2008. Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Marinda, L. 2020. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies. Vol. 13, No. 1, h. 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Nurfarhanah, N. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 12, No. 2, h. 12–17. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v12i2.2209

Paul Suparno. 2001. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Sardi, E. T., Masayu, N. O., Triningsih, T., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Kajian Literatur: Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(9), 91-100.

Sardiman AM., 2006. “Pengembangan kurikulum pendidikan IPS di Indonesia: sebuah alternatif”, Makalah, Disampaikan pada Seminar Internasional HISPISI dengan tema: Komparasi Pendidikan IPS Antarbangsa, di Semarang, 7-8 Januari 2006.

Syafrilianto dan Maulana Arafat Lubis, Micro TeachingDi SD/MI, (Yogyakarta: Samudra Biru, 2020)

Wijayanti, D. (2015). Analisis pengaruh teori kognitif jean piaget terhadap perkembangan moral siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPS. Trihayu, 1(2), 258991.

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Magalhaes, A. D. J., Adnyana, P. B., Ariawan, I. P. W., & Wesnawa, I. G. A. (2025). TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 408–412. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41444

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.