PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Melanie Torana Universitas Negeri Gorontalo
  • Syam S. Kumaji Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh. Nur Akbar Universitas Negeri Gorontalo
  • Yuliana Retnowati Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Mustaqimah Universitas Negeri Gorontalo
  • Ilyas Husain Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41229

Keywords:

Pengembangan, Modul Digital, Inovasi Teknologi Biologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model penelitian ini mengacu pada model Plomp 2013 yang terdiri dari 3 fase yaitu: tahapan penelitian awal (Preliminary research), tahap perancangan (Prototyping phase), tahap Penilaian (Assesment Phase). dengan uji coba pada 30 peserta didik di kelas X IPA SMA Negeri 1 Paguyaman. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: Uji validitas Media memperoleh nilai 83% (Sangat Valid), Berdasarkan uraian seluruh nilai persentase validasi dan uji coba membuktikan bahwa ; Pengembangan Modul Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Inovasi Teknologi Biologi Di SMA Negeri 1 Paguyaman yang telah dikembangkan dan memenuhi kriteria valid.

References

Abdul Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Agustya, Z., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh Respon Siswa Tentang Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 1–6

Ahmad, M., Siregar, Y. P., & Siregar, N. A. 2018. Validitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Mandailing dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 6(2) : 1–8 DOI https://doi.org/10.37081/ed.v6i2.695

Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pengembangan Sebagai. Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran IPA di SMP.

Alamsyah, Rizki., dkk. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran. Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Endah,Ayu et al..2021. Bioteknologi.Semarang : Universitas PGRI Semarang Press

Fitri , E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Indonesia, Vol.4 No.1 1-5..

Habidah, Miftachul & Tri Sudarwanto. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis Segmentasi Pasar Di Kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol 8, No 3:972-973.

Hidayat, N., & Khotimah, H. 2019. Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10-15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. 2017. Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio‟13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221-231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. 2019. Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3),306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. 2020. Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Noorozi, O., & Mulder, M. (2017). Design and Evaluastion of a Digital Module with Guided Peer Feedback for Student Learning Biotechnology and Molecular Life Science, Attitudial Change, and Satisfaction. Biochemistry and Molecular Biology Education, 45 (1), 31-39.

Pratama, M. et al. (2021) 'Perancangan Sistem Kendali Alat Elektronik. Rumah Tangga', Jurnal Teknik dan Sistem Komputer (JTIKOM), 2(1).

Rahmawati et al. (2021). Extraction Bioactive Compound of Pegagan ( Centella Asiatica L .) using Extraction Bioactive Compound of Pegagan ( Centella Asiatica L .) using Solvent-Free Microwave-Assisted Extraction. Department Chemical Engineering, Universitas of Jember, Jember, Indonesia.

Situmorang, M., dan Muchtar, Z., (2016), Pengembangan Bahan. Ajar Kimia Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Sukma, Merayu Resita Desi. (2018).

Sunaryo, dkk. (2020). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: ANDI

Suwandayani, B. I. (2018). ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KAUMAN I MALANG. ELSE ( Elementary School Education Journal ), 2(1), 78–88.

Wati, D. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Torana, M., Kumaji, S. S., Akbar, M. N., Retnowati, Y., Mustaqimah, N., & Husain, I. (2025). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 316–323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41229

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)