DAKWAH MIMBAR DAN TRANFORMASI SOSIAL STUDI PERILAKU REMAJA ACEH

Authors

  • Muchalid Muchalid IAIN Lhoksumawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41086

Keywords:

Dakwah Mimbar, Remaja, Aceh, Transformasi Sosial, Pembentukan Karakter, Dakwah Digital

Abstract

Abstrak ini menjelaskan tentang peran dakwah mimbar dalam pembentukan perilaku remaja di Aceh, serta kontribusinya dalam proses transformasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dakwah mimbar dalam memperkuat nilai-nilai keislaman, pencegahan perilaku menyimpang, dan pembinaan spiritualitas remaja. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah mimbar efektif dalam membentuk karakter remaja meskipun menghadapi tantangan yang terkait dengan kesenjangan generasi dan pengaruh media sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengoptimalkan metode dakwah agar lebih relevan dengan kebutuhan remaja masa kini

References

Adinugraha, F. (2018). Model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah media pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used by English Teachers in Teaching Vocabulary. Journal on Education, 6(1), 674-679.

Ilmudinulloh, R. (2022). Model pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital.

Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90-95.

Munawaroh, A., & Christijanti, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education, 2(1).

Na’imah, N. J., Supartono, S., & Wardani, S. (2015). Penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 9(2).

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.

Patmanthara, S. (2017). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Tekno, 26(2).

Rahmawati, Y., & Haryani, S. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan metakognitif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal on Education, 6(1), 750-757.

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11-14.

Sari, M. N. (2021). SHAPING YOUNG LEARNERS’CHARACTER THROUGH TEACHER QUESTIONING IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.

Sari, M. N. (2022). Teachers’ Perceptions On Students’ Learning Styles On Learning English At Sma Negeri 10 Kerinci. Jurnal Pendidikan, Keguruan, dan Pengajaran, 1(1), 32-43.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). AN ANALYSIS OF STUDENTS’MOTIVATION AND ANXIETY ON LEARNING ENGLISH AT SMA NEGERI 6 KERINCI. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181-188.

Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis of English Classroom Interaction Pattern at Eleventh Grade of SMKN 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.

Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal on Education, 6(1), 2847-2856.

Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Muchalid, M. (2025). DAKWAH MIMBAR DAN TRANFORMASI SOSIAL STUDI PERILAKU REMAJA ACEH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 34–39. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41086

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.