PROFIL MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME KELAS XII FASE F DI SMK NEGERI 4 SIJUNJUNG

Authors

  • Desi Nurhaliza Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Besti Nora Dwi Putri Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42706

Keywords:

Motivasi Belajar, Keluarga Broken Home

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai instrumen utama. Informan kunci terdiri dari dua peserta didik (GZ dan AD), sementara informan tambahan meliputi orang tua (MD, RN) dan guru BK (EP). Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dari keluarga broken home mengalami berbagai tantangan dalam ketekunan belajar. Mereka cenderung kesulitan fokus dalam mengerjakan tugas, memiliki ketahanan yang berbeda dalam menghadapi kesulitan, serta menunjukkan variasi dalam minat terhadap pemecahan masalah. Sebagian lebih nyaman bekerja mandiri, sementara yang lain memerlukan dukungan. Tugas rutin sering menurunkan semangat mereka, dan dalam mempertahankan pendapat, ada yang bersikeras sementara yang lain cenderung mengalah. Dalam menghadapi keyakinan pribadi dan kritik, beberapa tetap termotivasi, sedangkan yang lain mengalami kekecewaan tetapi tetap berusaha. Mereka juga memiliki perbedaan dalam mencari solusi, baik secara mandiri maupun dengan bantuan orang lain. Rekomendasi penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan ketekunan, disiplin, serta strategi belajar yang tepat untuk membantu peserta didik tetap fokus dan menghindari kebiasaan menunda tugas.

References

Azzamzi,dkk. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Improving Motivation Siswa Broken Home di SMP 2 Kediri Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang. ISSN-2655- 8939. Hal 51

Bukit,dkk. (2022). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6 Nomor 5 Tahun 2022. Hal. 7858

Cahyono, D.D, Hamda, M.K, Prahastiwi E.D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi dalam Belajar. Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan. 6 (1)37-48.

Dwiyanti, N & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati, 7 (2), 259 265.

Elvira, N, Neviyarni, & Nirwana, H. (2023). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan. 1 (2). 350-359.

Hasanah, S, Elvi, S, Indah P.S, Sri, W, & Kamil, P. (2016). Broken Home pada Remaja dan Peran Konselor. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2 (2). 1-6.

Hermayani,dkk (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadyah Metro. ISSN 2442-9805 Hal 84

Hidayat (2017). Adverti Quotinet dan Penalaran Kreatif Matematika Siswa SMA Dalam Pembelajaran Argumen Driven Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2.Hal 17

Ifrianti, Syofnidah. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Pai Melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn I Hajimena Kecamatan Natar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3(1 ). ISSN 2355- 1925 Hal. 5)

Mistiani, W. (2020). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Psikologis Anak. Musawa: Journal for Gender Studies. 10 (2), 322–354

Nurfaliza, Hindrast, N.E.K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4 (2). 96-105.

Nurhayati,dkk.(2016). Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri di SMP 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol.1 No 2 Tahun 2016. Hal.73-79

Rajagukguk,dkk. (2017) Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Berkonsentrasi. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol 1 No 2. Hal 384

Usman, C.I, Wulandari, R.T, & Nofelita, R. (2021) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4 (1), 10-16

Yohanda, R. (2020). Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. 19(1). 113-130.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Nurhaliza , D., Usman, C. I., & Putri, B. N. D. (2025). PROFIL MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME KELAS XII FASE F DI SMK NEGERI 4 SIJUNJUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2491–2498. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42706

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.