RELASI PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

Authors

  • Musthafa Amin Lubis Universitas Negeri Medan
  • Widya Ningrum Universitas Negeri Medan
  • Siti Nurjannah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39515

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Dasar Negara, Tujuan Pendidikan Nasional

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana relasi profil pelajar pancasila sebagai tujuan pendidikan nasional dan pancasila sebagai dasar negara. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui analisis dan interpretasi dari buku, jurnal dan artikel yang relevan dengan topik yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi yang terkandung dalam profil pelajar pancasila belum mampu menjawab tuntunan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi kita. Penggunakaan kata Pancasila dalam Profil Pelajar Pancasila (P3) juga dinilai jauh dari pemaknaan yang sebenarnya terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bernegeara.

References

Anggraena, Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Faizn, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal Lmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Kaelan. (2008). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Paradigma.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek.

Kholiluddin, A. W. A. U. A. A. H. G. T. (2021). Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Latif, Y. (2018). Wawasan Pancasila. Mizan Media Utama.

Tanjung, A. A. (2021). Metodologi Penelitian: Sederhana, Ringkas, Padat dan Mudah Dipahami. Scorpindo Media Pustaka.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Utama, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

WorldPopulationReview. (2023). Countries by IQ - Average IQ by Country 2023. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/average-iq-by-country

WorldTop20. (2023). International Education Database. https://worldtop20.org/education-database/

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Lubis, M. A., Ningrum, W., & Nurjannah, S. (2024). RELASI PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19331–19337. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39515

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)