ANALISIS KESIAPAN GURU IPS SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46798Keywords:
Kesiapan Guru, IPS, Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka, ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru IPS Sekolah Dasar di Kecamatan Langgini, Bangkinang Kota, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perubahan paradigma pendidikan yang menuntut guru memiliki kompetensi pedagogik, profesional, dan adaptif terhadap kebijakan kurikulum terbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap guru-guru IPS di beberapa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih berada pada tahap adaptasi terhadap Kurikulum Merdeka. Beberapa guru telah memahami konsep dasar dan struktur kurikulum, namun menghadapi kendala dalam hal penyusunan modul ajar, penggunaan asesmen formatif, dan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Kesimpulannya, kesiapan guru masih bervariasi, dan dibutuhkan pelatihan berkelanjutan serta dukungan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan optimal..References
Rahayu, S. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 120–129.
Saragih, A., & Lubis, M. (2023). Transformasi Pembelajaran Abad 21 dan Tantangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 17(1), 45–56.
Siregar, D., Nasution, R., & Fitriani, E. (2021). Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Kesiapan Implementasi Kurikulum Baru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 77–88.
Yulianti, E., & Prasetyo, H. (2020). Analisis Kompetensi Guru dalam Kurikulum Merdeka. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 90–101.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wulandari, D. (2021). Pembelajaran IPS dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Sosial, 15(1), 65–74.
Hasanah, L., & Sari, N. (2020). Guru sebagai Agen Kurikulum dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 30–39.
Mustofa, A. (2019). Pentingnya Pembelajaran Kontekstual dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 11(2), 112–122.
Andini, S., & Prasetyo, B. (2020). Strategi Penilaian Formatif dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 101–110.
Fitriani, D., Susanto, H., & Amin, M. (2021). Internalisasi Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 8(1), 45–59.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lestari, W., & Handayani, A. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(3), 201–214.
Nasution, M. F., & Rahmawati, I. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 78–89.
Rahayu, S. (2020). Peran Sarana Prasarana dalam Implementasi Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 97–105.
Saragih, R., & Siahaan, M. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 33–44.
Yulianti, D., Setiawan, I., & Fauziah, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial, 10(1), 65–75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afriza Rahma Rani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.