DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MENYESUAIKAN MATERI PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hadi Ignatus Untu STP Don Bosco Tomohon
  • Saleh Fahrudin Universitas Muhammadiyah Lampung,
  • Ryan Effendi Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45563

Keywords:

Artificial Intellegence (AI); Materi Pembelajaran; Sekolah Dasar

Abstract

Dalam era transformasi digital yang semakin pesat, teknologi Artificial Intelligence (AI) mulai memainkan peran signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam menyesuaikan materi pemmbelajaran bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review) sebagai pendekatan utama untuk menganalisis dan memahami dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam menyesuaikan materi pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar. AI telah terbukti berperan signifikan dalam mengadaptasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar siswa secara individual. Sistem pembelajaran berbasis AI, seperti Intelligent Tutoring Systems (ITS) dan adaptive learning platforms, mampu menganalisis performa siswa secara real-time dan memberikan materi yang sesuai sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Personalisasi ini penting di tingkat Sekolah Dasar mengingat keragaman perkembangan kognitif dan karakteristik belajar anak-anak.

References

Bond, M., Buntins, K., Bedenlier, S., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. (2021). Mapping research in student engagement and educational technology in higher education: A systematic evidence map. Online Learning, 25(3), 220–244.

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial intelligence in education: A review. IEEE Access, 8, 75264–75278.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed: An Argument for AI in Education. Pearson Education.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

West, D. M. (2019). The role of data and privacy in the AI revolution in education. Center for Technology Innovation at Brookings.

Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Untu, H. I., Fahrudin, S., & Effendi, R. (2025). DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MENYESUAIKAN MATERI PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4951–4956. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45563

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.