THE IMPACT OF FLIPPED CLASSROOM MODEL ON STUDENTS ENGLISH LANGUAGE LEARNING ACHIEVEMENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42899Keywords:
Flipped Classroom, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pencapaian Belajar, Keterlibatan Siswa, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak model flipped classroom terhadap pencapaian belajar bahasa Inggris siswa di SMA Negeri Khusus Keberbakatan Olahraga Sulawesi Selatan (SMANKO). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan kelompok eksperimen yang menerapkan flipped classroom dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, angket, dan observasi kelas, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam pencapaian belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan perbedaan skor rata-rata post-test yang lebih tinggi. Selain itu, flipped classroom terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa (student engagement) dan motivasi belajar, yang menjadi faktor kunci dalam peningkatan hasil akademik mereka. Namun, beberapa tantangan dalam implementasi flipped classroom juga ditemukan, seperti kesiapan siswa untuk belajar secara mandiri, keterbatasan akses teknologi, serta kesiapan guru dalam merancang pembelajaran berbasis digital. Oleh karena itu, diperlukan dukungan berupa penyediaan infrastruktur teknologi, pelatihan guru, serta strategi blended learning untuk mengoptimalkan efektivitas metode ini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa flipped classroom merupakan model pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, serta dapat diterapkan lebih luas dengan adaptasi yang sesuai. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi integrasi flipped classroom dengan teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan (AI) dan analitik pembelajaran, guna mengoptimalkan pengalaman belajar siswa.References
Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1-14.
Akçayır, G., & Akçayır, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers & Education, 126, 334-345.
AlJaser, A. M. (2019). The effectiveness of using flipped classroom strategy in academic achievement and self-efficacy among education students of Princess Nourah bint Abdulrahman University. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(3), 33-46.
Bergmann, J., & Sams, A. (2017). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education
Demirel, M. (2020). Flipped Learning in English Language Teaching. Journal of Education and Learning, 9(4), 112-123.
Fakhri, M., et al. (2023). Dampak Penerapan Flipped Classroom terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran. Journal of Educational Research and Development, 10(2), 88-101
Hew, K. F., & Lo, C. K. (2018). Flipped classroom improves student learning in health professions education: A meta-analysis. BMC Medical Education, 18, 38.
Jayanti, F. (2020). Penerapan Schoology dalam Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 1-12.
Karim, N. A., & Shukur, Z. (2020). The impact of flipped classroom methodology on students’ performance in programming course. Education and Information Technologies, 25, 575-593
Mandasari, B., & Wahyudin, A. (2021). Flipped Classroom in English Language Learning: Students’ Perspectives and Challenges. Journal of Language and Literature, 8(2), 101-115.
Park, Y., & Shea, P. (2022). AI and flipped classrooms: The next generation of personalized learning? Computers & Education: Artificial Intelligence, 3, 100047.
Salinas, A. (2020). Technology and Student-Centered Learning: The Impact of Digital Tools in English Language Education. Computers & Education, 151, 103859.
Yousufi, M. (2020). The Effectiveness of the Flipped Classroom in Language Learning. Journal of Educational Research and Practice, 10(3), 45-60. https://doi.org/10.5596/jerp.v10i3.758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ridayani Ridayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.