THE IMPACT OF FLIPPED CLASSROOM MODEL ON STUDENTS ENGLISH LANGUAGE LEARNING ACHIEVEMENT

Authors

  • Ridayani Ridayani Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42899

Keywords:

Flipped Classroom, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pencapaian Belajar, Keterlibatan Siswa, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak model flipped classroom terhadap pencapaian belajar bahasa Inggris siswa di  SMA Negeri Khusus Keberbakatan Olahraga Sulawesi Selatan (SMANKO). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan kelompok eksperimen yang menerapkan flipped classroom dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, angket, dan observasi kelas, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam pencapaian belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan perbedaan skor rata-rata post-test yang lebih tinggi. Selain itu, flipped classroom terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa (student engagement) dan motivasi belajar, yang menjadi faktor kunci dalam peningkatan hasil akademik mereka. Namun, beberapa tantangan dalam implementasi flipped classroom juga ditemukan, seperti kesiapan siswa untuk belajar secara mandiri, keterbatasan akses teknologi, serta kesiapan guru dalam merancang pembelajaran berbasis digital. Oleh karena itu, diperlukan dukungan berupa penyediaan infrastruktur teknologi, pelatihan guru, serta strategi blended learning untuk mengoptimalkan efektivitas metode ini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa flipped classroom merupakan model pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, serta dapat diterapkan lebih luas dengan adaptasi yang sesuai. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi integrasi flipped classroom dengan teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan (AI) dan analitik pembelajaran, guna mengoptimalkan pengalaman belajar siswa.

References

Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1-14.

Akçayır, G., & Akçayır, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers & Education, 126, 334-345.

AlJaser, A. M. (2019). The effectiveness of using flipped classroom strategy in academic achievement and self-efficacy among education students of Princess Nourah bint Abdulrahman University. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(3), 33-46.

Bergmann, J., & Sams, A. (2017). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education

Demirel, M. (2020). Flipped Learning in English Language Teaching. Journal of Education and Learning, 9(4), 112-123.

Fakhri, M., et al. (2023). Dampak Penerapan Flipped Classroom terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran. Journal of Educational Research and Development, 10(2), 88-101

Hew, K. F., & Lo, C. K. (2018). Flipped classroom improves student learning in health professions education: A meta-analysis. BMC Medical Education, 18, 38.

Jayanti, F. (2020). Penerapan Schoology dalam Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 1-12.

Karim, N. A., & Shukur, Z. (2020). The impact of flipped classroom methodology on students’ performance in programming course. Education and Information Technologies, 25, 575-593

Mandasari, B., & Wahyudin, A. (2021). Flipped Classroom in English Language Learning: Students’ Perspectives and Challenges. Journal of Language and Literature, 8(2), 101-115.

Park, Y., & Shea, P. (2022). AI and flipped classrooms: The next generation of personalized learning? Computers & Education: Artificial Intelligence, 3, 100047.

Salinas, A. (2020). Technology and Student-Centered Learning: The Impact of Digital Tools in English Language Education. Computers & Education, 151, 103859.

Yousufi, M. (2020). The Effectiveness of the Flipped Classroom in Language Learning. Journal of Educational Research and Practice, 10(3), 45-60. https://doi.org/10.5596/jerp.v10i3.758

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Ridayani, R. (2025). THE IMPACT OF FLIPPED CLASSROOM MODEL ON STUDENTS ENGLISH LANGUAGE LEARNING ACHIEVEMENT . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2668–2677. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42899

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.