MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJA SAMA, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BATA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38225Keywords:
Aktivitas, Kerja sama, Hasil Belajar, Model BATAAbstract
Problematika yang dihadapi pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kerja sama peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sehingga berimplikasi pada hasil belajar yang kurang maksimal. Solusi yang digunakan agar meningkatkan aktivitas dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran BATA. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan pendidik serta menganalisis perubahan signifikan pada aktivitas, kerja sama, dan capaian belajar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah pelajar kelas V SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin sebanyak 22 orang anak yang mana terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini termuat dari observasi partisipatif terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik serta dinamika kerja sama kelompok. Sementara itu, data kuantitatif mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari tes tertulis individu dan kelompok. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan yang substansial pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik, dengan skor 27 hingga skor akhir mencapai 36 yang dikategorikan “Sangat Baik”. Analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aktivitas peserta didik, dari 32% menjadi 100% yang mengindikasikan “Semua siswa aktif dalam pembelajaran”. Analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kerja sama peserta didik, dari 18% menjadi 100%, sehingga mencapai ketuntasan klasikal. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ditemukan peningkatan yang substansial atas hasil belajar peserta didik, dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 36% menjadi 91%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BATA dapat meningkatkan aktivitas, kerja sama, dan hasil belajarReferences
Anita., Jannah, F., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pena. Dikseda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2).
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Bayram, H., & Deveci, H. (2022). The Effect of Problem-Based Learning on Students’ Entrepreneurship Level in Social Studies Course. International Journal of Contemporary Educational Research, 9(2), 359–377. https://doi.org/10.33200/ijcer.1056504
Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam e-ISSN: On Process (Vol. 1).
Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932
Faridah, A., & Jannah, F. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Menggunakan Model BAGUS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25682-25692
Hairunnisa, H., & Noorhapizah, N. (2023). Implementasi Model Panting Muatan PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 1 Murung A Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 215-232.
Handayani, A., & Noorhapizah, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Muatan IPS Model PRINTING Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 115-122.
Hapsari, N, S., & Yonata, B. (2014). Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Asam Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 3, No. 2, pp. 181-188 May 2014.
Ima, W., Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2023). Model To Increase Motivation And Learning Outcomes In Learning History. Journal of Education and Learning, 17(2), 206–214. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20703
Jannah, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Paradigma, 10(1).
Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059
Kusumayani, N, K, M., Wibawa, I, M, C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. In Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia (Vol. 2, Issue 2).
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129
Naden, (2021). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi”.
Nilayanti, P, M., Suastra, I, W., & Gunamantha, I, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 31–40.
Noor, A., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Barikit. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 1006-1016.
Noorhafizah., Novitawati., & Amelia, R. (2017). Upaya mengembangkan aspek kognitif (menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik) melalui metode eksperimen sederhana membuat ice cream di Tk Maidnaturramlah Banjarmasin. Jurnal Sagacious, 4(1), pp.1-6
Noorfarida, S., Jannah, F., Agusta, A. R., & Sari, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Bangkit Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(3), 8458-8466.
Pitiyanova, Y., & Ahmad Muhyani Rizalie. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model PBL, STAD, dan Talking Stick Pada Peserta didik Kelas IV Sd. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 4(1), 22–33. https://doi.org/10.31851/scholastica.v4i1.13047
Priyanti, P, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Man 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018.
Purnasari, P, D., & Sadewo, Y, D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2). http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Radiansyah, R., Jannah, F., & Sari, R. (2021). Workshop Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah: The Workshop of Making the Classroom Action Research for Elementary Teacher at Hulu Sungai Tengah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 170-174.
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Rosyad, A. M. (2020). Kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 159-177.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.
Telaumbanua, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Ikip Gunungsitoli Pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 173-177.
Titu, M. A., Resi, B. B. F., Liwun, R. S., Wulogini, M. A. L., & Koten, M. E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pasar Kelas X Sma Pgri Larantuka Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4093-4101.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yuliana, E. (2021). Implementai Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di SMP N 4 Bae Kudus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatimatuzzahroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.