MENINGKATKAN DISIPLIN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PANTING PADA SISWA KELAS VA SDN SUNGAI JINGAH 4
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31826Keywords:
Disiplin, Motivasi, Hasil Belajar, PANTINGAbstract
Masalah di kelas VA SDN Sungai Jingah 4 yaitu kurangnya disiplin, motivasi, dan hasil belajar siswa. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model PANTING. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas pendidik dan siswa, menganalisis disiplin siswa, menganalisis motivasi siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa. Data yang di ambil berupa data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, siswa, disiplin, dan motivasi kemudian menggunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 19 dengan kriteria “cukup baik” menjadi 32 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa meningkat dari 42,86% “kurang aktif” menjadi 90,48% “sangat aktif”. Disiplin siswa meningkat dari 42,86% “kurang disiplin” menjadi 90,48% “sangat disiplin”. Motivasi belajar siswa meningkat dari 47,62% “motivasi cukup tinggi” menjadi 100% “motivasi sangat tinggi”. Kognitif siswa meningkat dari 47,62% menjadi 100%. Afektif siswa meningkat dari 42,86% menjadi 100%. Psikomotorik siswa meningkat dari 57,14% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PANTING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin, motivasi, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1201
Budi Wijaya, I. K. W., & Fajar, A. M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasikan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 8. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7568
Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil pembelajaran matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1–5.
Fadly, R. D., Sulastry, T., & Side, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 100. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14845
Hasanah, R., & Suriansyah, A. (2019). Relationship of School Culture and Work Motivation With Organizational Citizenship Behaviour (Ocb) Teacher of Muhammadiyah Vocational School in Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Alternative Education Studies, 58–67. https://doi.org/10.5281/zenodo.2587589
Hidayat, A., & Jannah, F. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38.
Hidayat, A., & Nataliya. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kebiasan Baik Siswa Dalam Muatan Ppkn Menggunakan Model “ Batamat .” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(01), 1–13.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Hijratullah, M. S. (2020). Kesenian Panting di Kalimantan Selatan.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Izhar, G., Aslamiah, & Hidayat, A. (2021). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar Muatan Ips Tema Indahnya Keberagaman Dinegeriku Menggunakan Model Prestasi (Prediksi Siswa Melalui Investigasi Kelompok Berorientasi Pada Permainan) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Ulu Benteng 5 Marabahan. Seminar Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan., 233–242.
Jupriyanto, J., & Nuridin, N. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944
Mahmud, C. I. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS KUDA LAUT KECAMATAN SEMARANG UTARA. Universitas Negeri Semarang, 38500, 1–146.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3.062-3.071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229
Natalia Bupu, K., & Iswahyudi, D. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Pola Hidup Keluarga Broken Home. 3(2012), 213–219. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index
Pandiangan, L. W. H., & Edy, S. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 1–13.
Prayogo, S. (2022). Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7934–7940. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3675
Rizkiana, J., Susianti, O. M., Program, M., Guru, P., Dasar, S., Terbuka, P. U., Pendidikan, D., Madrasah, G., & Pemalang, T. (2022). Peningkatan hasil belajar ipa sistem pencernaan pada manusia melalui metode pembelajaran type talking stick pada siswa kelas v sdn 2 platar tahun 2022. 3(2016), 33–47.
Syafitri, Y., & Hidayat, A. (2023). Syafitri & Hidayat (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Gasing Kelas V SDN Pangeran 2, I(2), 350–358. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index
Wijiasih, A. T. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Gugus Werkudara Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation. Universitas Negeri Semarang.
Windah Wardhani, M. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta FACTORS CAUSING LOW DISCIPLINE OF STUDENTS AT SDN KEPEK PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(19), 1.877-1.886.
Yurinda, E. F., & Hidayat, A. (2023). MENGGUNAKAN MODEL BINGKA IMPROVING ACTIVITIES , CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING OUTCOMES IN PPKN LEARNING USING THE FRAME. 2(April), 184–193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bella Safitri, Ari Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.