PENERAPAN MODEL GALAKSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS

Authors

  • Mir'atin Ayu Mina Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Wahdah Refia Rafianti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.48217

Keywords:

Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model GALAKSI, PBL, Team Games Tournament (TGT), Picture and Picture.

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis peningkatan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Setting penelitian di SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin tahun ajaran 2024/2025. Jumlah siswa kelas IVB sebanyak 17 orang. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan kriteria "Sangat Baik". Aktivitas siswa mencapai 94% kriteria "Sangat Aktif". keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 94% kriteria "Sangat Terampil" dan Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 94%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada seluruh aspek, sehingga disarankan penggunaan model GALAKSI sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45 53.

Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. jurnal pendidikan, 3, 453–459.

Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917

Ain, N. Q., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Lentera Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 332–340.

Aini, Y. Q., Sumarwiyah, & Pratomo, S. A. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Mejobo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 4724–4725.

Akbari, R., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, Dan Kerja Sama Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Menggunakan Model PNS BLEND Pada Siswa Kelas V-A Di SDN Basirih 1 Banjarmasin. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 01.

AmaKìi, O., & Dewa, E. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. JARTIKA) |, 3(2), 360–367.

Amalia, Z., & Rafianti, W. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL, Role Playing, Dan Small Group Work Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 01, 724–728.

Amini, A., Nurmalasari, C., Marpaung, N. R., Yuhanda, P. N., Syahputri, T. A., & Risnanti, T. (2023). Sistem Pembelajaran Terpadu Dalam Penerapan Pembelajaran IPS di SD. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 686–694. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2911

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Aslamiah, Cinantya, C., Rafianti, W. R., & Sins, I. (2024). Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Keterampilan Mengajar Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar. DEDIKASI JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind Mapping in Learning Models: A Tool to Improve Student Metacognitive Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(06), 4. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.12657

Aulia, S. R. & Rafianti, Wahdah Refia. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar Dan Keterampilan Sosial Siswa Muatan IPS Menggunakan Model BERANI Di Kelas VA SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 01, 331–336.

Az-Zahra, S., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Rafianti, W. R., & Sari, D. D. (2024). Pemetaan Kelas Inklusi Untuk Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. 02(02).

Bormayanti, H., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V terhadap Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, Talking Stick dan Scramble. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5, 443–449.

Cinantya, C., Rafianti, W. R., & Safitri, S. E. (2024). Effectiveness Of Teacher Performance In The Children’s Development Cognitive Aspect. E-CHIEF Journal, 4(2), 38. https://doi.org/10.20527/e-chief.v4i2.13367

Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368

Duran, M., & Dökme, İ. (2016). The Effect Of The Inquiry-Based Learning Approach On Student’s Critical Thinking Skills. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(12). https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.02311a

Erica Amanda, P., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Bacatur Pada Muatan IPAS Kelas IVA Di SDN Mawar 7 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 01(04), 729–746.

Fatmawati, A. W., Yohamintin, & Gumala, Y. (2025). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 4529–4530.

Fitriah, Rafianti, W. R., Aslamiah, & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, Make A Match, dan CTL Pada Muatan IPA Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 1 Bingkulu. ITTC INDONESIA, 02, 314–319.

Fransiska, N., Agusta, A. R., & Rafianti, W. R. (2024). Improving Activities and Learning Outcomes with The SENANG Model in Primary Students. Journal Of Foreign Language Learning and Teaching, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.23971/jfllt.v4i1.8657

Garner, R., & Rouse, E. (2016). Social presence – connecting pre-service teachers as learners using a blended learning model. Student Success, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.5204/ssj.v7i1.299

Hardono, S. D., Nurhasanagih, A., & Yuliana, R. (2020). The Development of GISEL Media (Giant Snakes and Ladders) in Social Class V Elementary School. Jurnal Primagraha, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.59605/jp.v1i01.41

Hairunnisa & Noorhapizah. (2023). Implementasi Model Panting Muatan PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 1 Murung A Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 215–232. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2413

Hayati, L. M., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Kerjasama SiswaMenggunakan Model Bhinneka Di Kelas V SDN MurungRaya 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 890–897.

Houghton, J. (2023). Learning modules: Problem-based learning, blended learning and flipping the classroom. The Law Teacher, 57(3), 271–294. https://doi.org/10.1080/03069400.2023.2208017

Ismayanti, Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31.

Ismi, S. A., & Rafianti, W. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Kombinasi Model Dari Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau Badauh. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(3), 313–318.

Jonas, S. G. E., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. ITTC INDONESIA, 02(02), 545–552.

Koppe, C., Eekelen, M. V., & Hoppenbrouwers, S. (2015). Improving Student Group Work with Collaboration Patterns: A Case Study. 2015 IEEE/ACM 37th IEEE International Conference on Software Engineering, 303–306. https://doi.org/10.1109/ICSE.2015.160

Mardiah, H., & Rafianti, W. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Panting. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(3), 592–597. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Mardiana, D., & Umiarso, U. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19: Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 78. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1896

Masnun, M. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Cahaya Mandalika, 235–244.

Maulida, R., Suriansyah, A., Mulya Budi Harsono, A., Ridhaningtyads, L. P., & Rafianti, Wahdah Refia. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Educreations Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Sd Negeri Pemurus Dalam. Journal Educational Research and Development, 01, 234–237.

Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD/MI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.3338

Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Adenan, F. (2019). Impelementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repittion (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IVS SDN Sungai Lulut 5 Kota Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMPULM, 5(2), 77–88.

Mulpiani, N., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPA Menggunakan Model PENA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(3), 465–478.

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(4), 1158–1172. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624.

Noor, M. E. A., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PJBL, Guided Inkury dan Dicovery Learning Pada Kelas III SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02, 186–190.

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Nyoman Krismasari Dewi, N., Rini Kristiantari, M., & Nyoman Ganing, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285.

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, Sunarno, Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, SR, DAN QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1792. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9250

Puteri, N. A. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Menggunakan Model MANIS Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 2 Banjarmasin. EduCurio, 3(1), 17–23.

Putri, R. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model CANGKAL di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 642–650.

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Rahmaniah, N. (2023). Improving children’s critical thinking skills in elementary school through the development of problem based learning and HOTS models. TRIGIN Institute, 2, 56–57.

Rafianti, W. R. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Negeri Pekauman 1 Kota Banjarmasin Melalui Model Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Paradigma, 10(2), 86–87.

Rahmawati, S., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Muatan PKN Melalui Model BALOGO DI Kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2268

Ramadhani, F. D., Adisel, A., & Salamah, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPS. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.31539/ijoce.v4i1.10776

Ramadi, & Sartika, D. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Direct Instruction (DI) dan Talking Stick Untuk Siswa Kelas 4 Sdn 5 Komet Banjarbaru. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(2).

Rezkia, R., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran PBL, Inkuiri, dan NHT Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02, 192–197.

Rohana, Sari, R., Jannah, F., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model PELANGI Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Ruhama, S., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL, CTL Dan Scramble Muatan IPAS Kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10, 244–248.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.

Saremi, H., & Bahdori, S. (2015). The Relationship between Critical Thinking with Emotional Intelligence and Creativity among Elementary School Principals in Bojnord City, Iran. International Journal of Life Sciences, 9, 33–40. https://doi.org/dx.doi.org/10.3126/ijls.v9i6.12684

Sari, N., & Rafianti, W. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan PPKN Menggunakan Model Pelita Pada Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 336–342.

Suhaimi, & Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Heads Together, Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PKN Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 167–178.

Suhelayanti, Z, S., Kunusa, W., Nasbey, N., Tangio, J., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Yayasan Kita Menulis.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021a). ANTASARI’s Developing Blended Learning Model Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness, Soft and Social Skills on Elementary Education: 525, 21–24. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.005

Susilawati, Y., Suhaimi, & Noorhapizah. (2021). Relationship of Transformational Leadership, Interpersonal Communication with Teacher Performance through Teacher Discipline. Journal of Advances in Education and Philosophy, 5(11), 357–358. https://doi.org/10.36348/jaep.2021.v05i11.004

Syauqi, M. O., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Prima Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 3. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01, 1196–1203.

Tholibon, D. A., Md Nujid, M., Mokhtar, H., Abd Rahim, J., Rashid, S. S., Saadon, A., Tholibon, D., & Salam, R. (2022). The factors of students’ involvement on student-centered learning method. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1637. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22314

Utami, I. S., Denny, Y. R., & Guntara, Y. (2020). Peningkatan Kompetesi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Metode Pelatihan, Penerapan Dan Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar Di Jawa Barat Dan Banten. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2020, 286–293.

Wangi, E. S., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah Menggunakan Model PINTAR pada Muatan Matematika Kelas IV SDN Berangas Barat 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 326–336.

Winanda, E. A., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL, TPS, dan TGT. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5, 431–436.

Yin, Q., Guo, C., Dong, C., & Wang, T. (2021). May problem-based learning get higher evaluation from student? International Journal of Crowd Science, 5(1), 92–111. https://doi.org/10.1108/IJCS-12-2020-0019

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Sari, M. A. M., & Rafianti, W. R. (2025). PENERAPAN MODEL GALAKSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7275–7289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.48217

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.