MENINGKATKAN AKTIVITAS, KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BALAMUT PADA KELAS V SDN PELAMBUAN 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31967Keywords:
Aktivitas Belajar, Konsentrasi, Hasil Belajar, Model BALAMUTAbstract
Masalah di kelas V SDN Pelambuan 1 termasuk rendahnya aktivitas dan konsentrasi siswa serta strategi pembelajaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model BALAMUT dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama empat sesi dengan 24 siswa (10 laki-laki, 14 perempuan). Data kuantitatif dan kualitatif diperoleh melalui tes tertulis dan observasi aktivitas serta konsentrasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: aktivitas guru meningkat dari skor 23 (cukup baik) menjadi 38 (sangat baik), aktivitas siswa dari 33% (kurang aktif) menjadi 96% (sangat aktif), dan konsentrasi siswa dari 25% (kurang konsentrasi) menjadi 96% (sangat konsentrasi). Hasil belajar juga meningkat: kognitif dari 38% menjadi 96%, afektif dari 8,33% menjadi 100%, dan psikomotorik dari 16,67% menjadi 100%. Kesimpulannya, model BALAMUT efektif dalam meningkatkan aktivitas, konsentrasi, dan hasil belajar siswa. Disarankan agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk model pembelajaran yang dapat memperbaiki kualitas pengajaran.References
Amberansyah, Norlisnani, S. (2018). Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran PKN Pada Materi Keputusan Bersama Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Dikombinasikan Dengan Numbered Head Together (NHT) Dengan Scramble Pada Kelas VB SDN Pelambuan 7 Banjarmasin Barat. In Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Vol. 4, Issue 1).
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Dwiyanti, M., & Hidayat, A. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model BAIMAN Pada Muatan Ppkn Kelas V Sdn Alalak Selatan 1. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 285-297.
Fajri, M. (2017). Kemampuan berpikir matematis dalam konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Lemma, 3(2), 232878.
Heemillenia, S., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil. Belajar Siswa Kelas Iv Menggunakan Model Pembelajaran BALOGO. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 38-46.
Hidayat, A., Jannah, F., & Ni’matul, U. (2021). Implementasi Model BAHIMAT Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn.
Noor, A., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model BARIKIT. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 1006-1016.
Ruchaedi, D., & Baehaki, I. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas , 2 (2), 20-32.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.
Sayekti, P. P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 43-55.
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360-3368.
Slameto, 2018. Perancangan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Anak Usia 6-8 Tahun Terhadap Matematika Melalui Komunikasi Visual. s.l.:s.n.
Supriatna, A., & Quthbi, A. A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Kenampakan Dan Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(2), 158-172.
Suriansyah,dkk. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Syafitri, Y., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran GASING Kelas V SDN Pangeran 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(2), 350-358.
Valentin, J. A. . ., Shinta, N. M. ., Saputra, D. A. ., Saputra, D. A. ., & Kartiningtyas, W. . (2024). Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5962–5970. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28448
Wurangian, S. J., Liando, M. R., & Masinambow, D. A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas III SD Inpress 1 Rumoong Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1014–1018. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24739
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ghaitsa Zahira Shofa, Ari Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.