MENINGKATKAN AKTIVITAS, PEDULI SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BERANI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mawahesa Eklima Universitas Lambung Mangkurat
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30257

Keywords:

Aktivitas, Peduli Sosial, Hasil Belajar, Model BERANI.

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik pada muatan PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pendidik,  peningkatan aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi untuk hasil belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. Berdasarkan temuan penelitian ini, aktivitas pendidik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai skor 28 pada pertemuan 4 yang memenuhi kriteria “Sangat Baik”. Pada setiap pertemuan, aktivitas peserta didik meningkat hingga mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Peduli sosial meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 92% pada pertemuan 4 dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Dan hasil belajar peserta didik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model BERANI dapat meningkatkan aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik.

References

Agusta, A.R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(4), pp. 1158–1172.

Agusta, A.R. & Suriansyah, A. (2020). 98 Model Pembelajaran Bermuatan Pemecahan Masalah Literasi Kolaborasi dan Learning is Fun. Yogyakarta: Nutamedia

Amirulia, Z. Z., Murniati, N. A. N., & Kusumaningsih, W. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran, 6(4).

Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi), Numbered Head Together (Nht), Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V Sdn Pangeran 1 Banjarmasin . rumahjurnal, Vol. 5 No. 1 Hal 1-10.

Erawan. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mengembangkan Karakter Kreatif Dan Peduli Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa.

Giawa, M., Mahulae, S., Abi, A. R., Silaban, P. J.. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), pp. 327–332. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483.

Hadiwijaya. (2022). Meningkatkan Aktivitas, Kerjasama dan Hasil Belajar Muatan PPKn Materi Siklus air Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Group Investigation (GI) dan Team Games Tournament Pada Peserta didik Kelas V SDN Beringin Kab. Barito Kuala.

Hairunnisa & Noorhapizah (2023). Implementasi Model Panting Muatan PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 1 Murung A Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), pp. 215–232. Available at: https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2413.

Hasanah, A., Arifin, B. S., Firdaus, J., & Kameswara, D. (2021). Landasan Teori Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam. BESTARI, 18(1), p. 2021. Available at: http://riset-iaid.net/index.php/bestari.

Hasyda, S. & Djenawa, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosoal Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), pp. 696–706. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414.

Jannah, F. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. -, 1(2), 19-24.

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. -, 1(1).

Jannah, F., & Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Group Investigation dalam Hasil Belajar Siswa pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. -, 5(1), 73-80.

Jannah, F. & Puspita Widya Rini, T. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PENA’, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), pp. 64–75.

Jannah, F., Azizah, N. & Fahlevi, R. (2022). Application of the Prospect Learning Model to Help Increase Learning Outcomes and Citizenship Education Learning in Class 5 Students at SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin. International Journal of Social Science And Human Research, 5(5), pp. 1737–1742. Available at: https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i5-23.

Jannah, F., Fahlevi, R., & Herdawati, L. (2019). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri Hujan Amas 2 terhadap Penelitian Tindakan Kelas sebagai Inovasi Pembelajaran. -, 5(2), 63-68.

Kurniawan, F. D. O. S., Nurasiah, I., & Sutisna, A. (2021). Jurnal Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 124.

Muliastrini, N.K.E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).

Noorhapizah, dkk. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menenmukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Numbered Head Together (Nht), Dan Course Review Horay (Crh) Pada Siswa Kelas Ivb Sdn Gambut 2 Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol.5 No.1

Noorhapizah, N. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Berpikir Kritis Muatan PPKn Menggunakan Model PRIME pada Siswa Sekolah Dasar. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 6(2).

Novianti, A., Bentri, A. & Zikri, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 194–202. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Nurhayati, (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 1 Menggunakan Model Cangkal Berbasis Tpack Pada Peserta didik Kelas III Sdn 1 Landasan Ulin Utara.

Primayana, K.H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), pp. 85–92. Available at: http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita.

Purwanti, R., Suriansyah, A. & Dalle, J. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. European Journal of Education Studies, 5(7). Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.1494188.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), pp. 39–54. Available at: https://sugiartoagribisnis.wordpress.com/2010/07/14/seks-bebas-di-kalangan-remaja-pelajar-dan-mahasiswa-.

Robi’ah, F. & Prihantini (2024). Urgensi Kualitas Pendidik Yang Sesuai Dengan Kebijakan Pendidikan Dalam Mencapai Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), pp. 2655–6022.

Sari, R., Jannah, F. & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), pp. 47–62. Available at: https://doi.org/.

Syaparuddin, S. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Beljar Pkn Peserta Didik. Jurna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Yuliani, N.M., Suhandana, G.A. & Natajaya, I.N. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Gi Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Saraswati Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Eklima, M. ., & Jannah, F. . (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS, PEDULI SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BERANI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8351–8360. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30257