MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BESTARI DI KELAS IV SDN SUNGAI BILU 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32083Keywords:
Hasil Belajar, Model BESTARI, PPknAbstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah kurangnya minat dan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan kurangnya pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Sungai Bilu 1 tahun pelajaran 2023/2024, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 4 diperoleh 100%. Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 4 diperoleh 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 4 diperoleh 100%.References
Annisa, N., & Aspia Manurung, A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. Dalam IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science (Vol. 1, Nomor 2).
Djuwita, P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Nilai Puspa Djuwita. ISSN, 3(2), 2654–2870.
Dwiyanti, M., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Baiman Pada Muatan Ppkn Kelas V Sdn Alalak Selatan 1. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 285–297. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.196
Fadlilah, I., & Laili, A. M. (2019). Pengaruh Reward terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV di SDN 1 Karangan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 25. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13219
Hermillenia, S., & Hidayat, A. (2023). MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL.BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BALOGO. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/
Hidayat, A., Jannah, F., & Ni’matul, U. (2021a). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Vol. 1 (1) pp. 98-107.
Ma’wa, J., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Batanam. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 278–284. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.195
Nazwa, & Asniwati. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Batuah Pada Kelas V Sdn Telawang 1 Banjarmasin. Cendikia Pendidikan, 61–67.
Noor, A., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Barikit. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 1006–1016. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Noorhapizah, W., Riandy Agusta, A., & Ayu Pratiwi, D. (2020). Learning Material Development Containing Critical Thinking and Creative Thinking Skills Based on Local.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish. Suriansyah, A., & Aslamiah, D. (2014). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 7912. http://repo.iain-
Putri, R. (2023). Meningkatan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Menggunakan Model PBL, TGT, TALKING STICK Di SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. 01, 63–68.
Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229. https://doi.org/10.22146/jkn.56926
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3443
Setiawan, A. S., & Alimah, S. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Keaktifan Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 81–90. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7284
Sisca. (2021). Manajemen Inovasi (J. Simarmata, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Sudirman. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maulida Raudhatul Jannah, Ari Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.