PENGARUH TEKNIK JOURNALING DALAM KONSELING INDIVIDU TERHADAP SELF ESTEEM SISWA KELAS VII A SMPN 6 MADIUN

Authors

  • Ela Adelia Universitas PGRI Madiun
  • Ibnu Mahmudi Universitas PGRI Madiun
  • Ana Anggraini SMP Negeri 6 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38178

Keywords:

Konseling Individu, Teknik Journaling, Self Esteem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik journaling dalam konseling individu terhadap harga diri siswa kelas VII A SMPN 6 Madiun tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari 2 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari 31 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental (satu kelompok pre-test dan post-test). Data dikumpulkan melalui angket yang diadaptasi dari Ragil Nur Aziz dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test .Hasil analisis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,028 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hipotesis nihil (Ho), yaitu “tidak ada pengaruh konseling individu dengan teknik journaling terhadap harga diri siswa,” ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha), yaitu “ada pengaruh teknik journaling dalam konseling individu terhadap harga diri siswa,” diterima. Dengan demikian, konseling individu dengan teknik journaling terbukti efektif meningkatkan harga diri siswa.

References

Afifah, N., Rahmat, N. N., & Yunita, R. (2023). Pengaruh SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) terhadap Tingkat Stres pada Lansia Hipertensi. Health Reasearch Journal (HRJ), 1(2), 34–45.

Aryati, S. indah, & Utami, N. I. (2022). Hubungan antara konsep diri dengan kematangan emosi pada dewasa awal. Jurnal Spirits, 12(1), 9–14.https://doi.org/10.30738/spirits.v12i1.12713

Aulia, A. E., Wijaya, T., Muchtar, A. A., & Kitabah, M. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SPINNING WHEEL. 7, 15897–15907.

Azizah, M., Oloan, R., Hayfatunisa, G., Andriyani, A., Niziliani, S., Natahsya, A., & Sosial, M. (2024). MEDIA. 7, 16205–16210.

Fauzy, P. A., Si, S., Si, M., & Ph, D. (n.d.). Konsep Dasar Teori. 1–38.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian?: Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology?: Literature Review. 1(2), 85–114.

Haji, K., Siddiq, A., Dakwah, F., & Maulani, R. S. (2023). Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy Dalam Mengatasi Kecemasan Single Mom Terhadap Pendidikan Anak Dengan Teknik Abcde Di Desa Kesilir Kabupaten Banyuwangi. Skripsi.

Hanifa, M. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Journaling terhadap Self-Esteem Peserta Didik di SMPN 1 Cibungbulang. 2(1), 211–216.

Kesepian, S. D. A. N., Mahasiswa, P., Masa, S., & Wijaya, C. (2022). Self-esteem dan kesepian pada mahasiswa selama masa pandemi. 4(2), 114–128.

Kumalasari, D. T., & Munawaroh, E. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Kematangan Emosi Di Sma Negeri 5 Semarang. Jurnal Al-Taujih?: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 8(2), 117–127. https://doi.org/10.15548/atj.v8i2.3382

Nursyifa, S. A., & Rosita, T. (2021). LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi kasus pada tiga siswa kelas IX di SMP Raksanagara Cihampelas ). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 25. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.4818

Purwanti, P., Supriyatna, A., & Indiati, I. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok REBT Dengan Teknik Journaling Untuk Mengurangi Kecanduan Pornografi. Borobudur Counseling Review, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31603/bcr.4976

Putri, D. (2020). Kematangan Emosional Terhadap Siswa Disiplin Di Sekolah. Psikologi Konseling, 17(2), 733. https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22076

Rulia Trifena, Iip Istirahayu, S. F. (2020). Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 5(2), 46–49.

Salsabila, D. F., Faza, A., Qalbi, S., Aziz, A. M., & Etniko, A. (2022). Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta Differences in Self-Esteem between State University Students and Private Universities. 1(1), 45–56. https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.17458

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Tari, I. D. A. E. P. D., Karpika, I. P., Sapta, I. K., Suhardhita, K., & Aman, V. (2020). Pendekatan konseling rational emotive behavioral therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII. F SMP Negeri 12 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 429–436. https://doi.org/10.5281/zenodo.4285218

Toy, R. O., & Malelak, E. O. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 37–42. https://doi.org/10.21067/jki.v8i2.7483

Turnip, A., Hulukati, W., & Puluhulawa, M. (2023). Konseling Kelompok Teknik Journaling dan Pengaruhnya Terhadap Self Esteem Siswa. 2(April), 87–97.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Adelia, E. ., Mahmudi, I. ., & Anggraini, A. . (2024). PENGARUH TEKNIK JOURNALING DALAM KONSELING INDIVIDU TERHADAP SELF ESTEEM SISWA KELAS VII A SMPN 6 MADIUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16706–16714. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38178

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.