EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INOVATIF DI MA'HAD AL-JAMI'AH UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41440Keywords:
Bahasa Arab, Metode Pengajaran, Evaluasi ProgramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program Bahasa Arab di Ma’had Aljamiah UIN Syahada dengan fokus pada struktur kurikulum, metode pengajaran, dan respon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum program mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, jadwal yang padat menghambat proses belajar optimal. Metode pengajaran yang menggabungkan Grammar Translation Method (GTM) dan permainan terbukti meningkatkan partisipasi mahasiswa. Namun, terdapat ketidakkonsistenan dalam kualitas pengajaran di antara pengajar, yang memengaruhi motivasi dan kepuasan mahasiswa. Motivasi mahasiswa cenderung menurun di akhir semester karena monotoninya metode dan tingginya beban tugas. Temuan ini menekankan pentingnya konsistensi dalam pengajaran, pelatihan dosen, dan penyesuaian jadwal agar program berjalan lebih efektif. Rekomendasi perbaikan mencakup pelatihan berkala bagi pengajar, variasi metode pengajaran, dan monitoring program secara berkelanjutan untuk menjaga efektivitas program Bahasa Arab di Ma’had Aljamiah UIN Syahada.References
Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Tinggi: Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Al-Azam, K. F. (2021). Andragogy Principles In Arabic Learning At Diniyyah Putri Lampung. Lisaanuna Talim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 187–196.
Chou, C. P., Chen, K. W., & Hung, C. J. (2021). A study on flipped learning concerning learning motivation and learning attitude in language learning. Frontiers in Psychology, 12.
Dalimunthe, S. S., Alghifari, A., & Dalimunthe, I. S. (2023). Sekolah islam dalam menghadapi tantangan global kiprah SEI dan SIT di indonesia. Deepublish.
Mariyono, D. (2024). Strategi Pembelajaran dari Teori ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Nas Media Pustaka.
Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
Nurdianto, T., & bin Ismail, N. A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 1–22.
Rachman, R. F. (2021). Enhancing Students’ English Language Skills through Active Learning at an Islamic University. ELE Reviews: English Language Education Reviews, 1(2), 99–109.
Seven, M. A. (2020). Motivation in Language Learning and Teaching. African Educational Research Journal, 8, 62–71.
Suharto, B. (2021). Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. Lkis Pelangi Aksara.
Sunarti, S. (2024). Strategi Pengajaran untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1104–1111.
Supardi, S. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Arab Terpadu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 13–27.
Suwarno, S. A., & Pd, M. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Teori, Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit Adab.
Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 64–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Idam Kholid Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.