TRADISI DAKWAH MIMBAR DAN RESPONS REMAJA SEBUAH KAJIAN EMPIRIS DI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41610Keywords:
Dakwah Mimbar, Remaja Aceh, Media Social, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi respons remaja terhadap tradisi dakwah mimbar di Aceh dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan mereka. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dan observasi partisipatif untuk memahami pandangan remaja mengenai dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi materi dakwah dengan kehidupan sehari-hari remaja sangat penting dalam menarik minat mereka. Remaja cenderung lebih tertarik pada ceramah yang membahas isu-isu sosial, pendidikan, dan tantangan yang mereka hadapi, serta lebih memilih penceramah yang mampu berinteraksi secara aktif dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, dukungan dari kelompok sebaya terbukti meningkatkan keterlibatan remaja dalam kegiatan dakwah. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa banyak remaja lebih memilih mendapatkan informasi agama melalui media sosial dan platform digital lainnya, dibandingkan dengan ceramah tradisional di masjid. Temuan ini menunjukkan perlunya modernisasi dalam metode dakwah agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat generasi muda. Dengan demikian, penelitian ini memberikan saran praktis bagi para pendakwah dan pemimpin agama untuk mengembangkan teknik dakwah yang lebih relevan dan menarik, sehingga dapat meningkatkan partisipasi aktif remaja dalam kegiatan dakwah dan memperkuat pemahaman agama yang moderat dan toleran di Aceh.References
Al-bayan, Jurnal. “Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia” 24, no. 1 (2018): 29–46.
Amiman, Renaldi, Bnedicta Mokalu, and Selvi Tumengkol. “Peran Media Sosial Facebook Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud.” Journal ilmiah society 2, no. 3 (2022): 1–9.
Apriliany, Lenny. “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 (2021): 191–199. Agusman. (2023). Reaching the Millennial Generation Through Da’wah on Social Media (Menjangkau Generasi Milenial Melalui Dakwah di Media Sosial). Dakwah, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.186
Alamin, Z., & Missouri, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 84–91. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1769
Allisa, L., & Triyono, A. (2023). Pengaruh Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja Di Demak. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 26–38. https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.13070
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://onesearch.id/Record/IOS13401.INLIS000000000019695
Aripudin, A. (2011). Pengembangan Metode Dakwah : Respons Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan di Kaki Ciremai. RajaGrafindo Persada.
Asmar, A. (2020). Ekspresi Keberagaman Online: Media Baru dan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(1), 54–64. https://doi.org/10.21580/jid.v40.1.5298
Burhanudin, A. M., Nurhidayah, Y., & Chaerunisa, U. (2019). DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @ cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 236–246. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/orasi/article/view/5658
Creswell, J. W. (2018). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE. sage. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Dhora, S. T., Hidayat, O., Tahir, M., Arsyad, A. A. J., & Nuzuli, A. K. (2023). Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru “e-Jihad” atau Latah Bersosial Media. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 306. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804
Efendi, E., Asmar, D., & Fazar, T. (2024). Pengaruh Aplikasi TikTok sebagai Media Dakwah terhadap Mahasiswa Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 1019–1028. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.698
Fadilah, A. N. (2022). METODE DAKWAH DA’I DALAM MEMBINA MORAL REMAJA DESA TELOGOREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO (IAIN) METRO.
Faizah, & Effendi, L. M. (2015). Psikologi Dakwah. Prenada Media.
Firdaus, M. A., & Afidah, I. (2024). Tantantangan Dakwah Melaui Podcast Sebagai Media Alternatif Di Era Society 5.0. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i1.3325
Ginting, D. R., Habib, F., Mansyursyah, & Siregar, R. A. (2024). Pengaruh Konten Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Mahasiswa KPI FDK UIN Sumatera Utara. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(3), 90–95.
Halimah, S. N. (2023). Perilaku Remaja di Perkotaan terhadap Kegiatan Dakwah. Tanzhim: Jurnal Dakwah Terprogram, 1(1), 101–124. https://doi.org/10.55372/tanzhim.v1i1.3
Jelita, J. P., & Sunarti, V. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Santri Di Mdta Uswatun Hasanah Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(2), 388–395. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.248
Karim, S. (2023). Minat remaja banda aceh terhadap radio baiturrahman sebagai media dakwah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.
Kasir, I., & Awali, S. (2024). Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 11(1), 59–68.
Khairullah, K., & Yusuf, E. (2024). Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin : Perspektif Guru. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/akhlak.v1i3.85
Khoiruddin. (2012). Aktualisasi Dakwah Dalam Perspektif Transformasi Sosial. Al-Misbhah, 8(1), 123–134.
Lubis, M. A. (2023). Religious Hybridity: the Response of Muslim Youth To Teras Dakwah Community. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 283–306. https://doi.org/10.22515/albalagh.v8i2.7642
Mia, Maulana, M. F., Audia, A., & Zahrouddin, M. A. (2021). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama PERAN PENDIDIKAN AGANMA ISLAM (PAI) DALAM MENCEGAH TIMBULNYA JUVENILE DELIQUENCY. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(1), 81–88.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In Bandung: Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Rizqy, Nur Salsa Auliya Zachani, Saniyatul Fajri, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 22–42. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.146
Muhyidin, A., & Safei, A. A. (2002). Metode Pengembangan Dakwah. In Desain Ilmu Dakwah, cet,1. Pustaka Setia.
Mursyid, M. F., & Dewi, A. K. (2024). DAMPAK KONTEN SHORT FORM VIDEO PADA FOKUS , ATENSI , SERTA PERILAKU ANAK DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. TECHNOPEX-2024 Institut Teknologi Indonesia, 763–769.
Nabila, W. M., Fadhilatunnisa, S., Alamsyah, M. I., & Suryandari, M. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145
Nawaffani, M. M. (2023). Dakwah Digital Dan Dakwah Mimbar : Analisis Peran Dan Dampak Dalam Era Digitalisasi. Sanaamul Quran : Jurnal Wawasan Keislaman, 4(2), 143–161. https://doi.org/10.62096/tsaqofah.v4i2.57
Nurmala, R. (2021). Pemberdayaan Remaja Melalui Kajian Milenial (KAMI) di Kampung Cigintung Desa Legokhuni. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.52593/svs.01.1.02
Parhan, M., Rahmawati, Y., Rahmawati, I. R., Rastiadi, H. A., & Maysaroh, M. (2022). Analisis Metode dan Konten Dakwah yang Diminati pada Remaja. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 22(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/anida.v22i1.16633
Permana, G. S., Rizqullah, A. A., & ... (2023). Minat Pengguna Tiktok Terhadap Konten Dakwah Sejarah (Analisis Swot Pada Akun Islamonpoint). Nubuwwah: Journal of …, 14–25. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/download/6719/2396
Rahman, R. A., Noor, H. M., & Tartaglia, M. (2024). User Satisfaction of Accessibility to Public Transportation. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 9(30), 171–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21834/e-bpj.v9i30.6206
Rahman, T. (2023). FILOSOFI DAN METODE DAKWAH KONTEMPORER (Memahami Landasan Pemikiran dalam Menyebarkan Pesan Islam). At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1), 104–116.
Rahmawati, S. S., Isnaini, M. M. R., & Jaya, C. K. (2024). Peran Podcast dalam Meningkatkan Aksesibilitas Informasi Keagamaan di Kalangan Gen Z. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1748
Rohayah, A. A., Lathifah, H., Adelin, N., Saleha, T. N., & Khasanah, U. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA N 3 Babelan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 130–139.
Rustandi, R. (2019). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678
Saleh, M., Faizin, T., & Kamaruzzaman. (2024). Peran Dakwah Mimbar Dalam Komunikasi Islam Dan Budaya Untuk Menangkal Radikalisme Dan Ekstremisme Agama Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Network Media, 7(2), 72–80.
Sanusi, M. (2024). Transforming Islamic Education in the Digital Age: Challenges and Opportunities for the Young Generation. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3), 206–215.
Sari, N. I., & Sunata, I. (2022). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DAKWAH REMAJA MASJID DESA KOTO TUO UJUNG PASIR. Thullab: Jurnal Riset Publikasi Mahasiswa, 2(2).
Septyawan, D., Saputra, F. D., & Herdiansyah, A. (2025). Strategi komunikasi dakwah digital di kalangan santri. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 6(7).
Sholehah, A., Sucipto, S., & Purbasari, I. (2024). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Agama Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Prasasti Ilmu, 3(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.9574
Smith, J., & Brown, L. (2020). Soul Searching: The Religious and Spiritual Lives of American Teenagers. In Oxford University Press. Oxford University Press.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. ALFABETA.
Syaifuddin, & Aziz, M. A. (2020). Dakwah Moderat Pendakwah Nadlatul Ulama (Analisis Konten Moderasi Beragama Berbasis Sejarah). Hikmah, 15(1), 6.
Syamaun, S., Yuliyastika, E., Dakwah, F., & Komunikasi, D. (2023). Pola Komunikasi Dakwah Da’I Dan Da’Iyah Kota Banda Aceh. STIMULUS: International Journal of Communication and Social Sciences, 1(1), 55–77. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/stimulus/article/view/5329
Tabassum, N., & Riaz, M. (2024). Preaching Islam in the Digital Age : A Study of Dr . Farhat Hashmi ’ s Communication and Media Strategies. September.
Tahir, M. (2018). Dakwah Islam Di Kalangan Anak Muda Di Kota Samarinda: Sebuah Eksplorasi Awal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(2), 257. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.012-03
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1), 151–169. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914
Wisudawan, M., & Haikal, M. F. (2024). Analisis Determinan Minat Remaja Islam dalam Partisipasi Kegiatan Dakwah di Kota Tanjungbalai. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan …, 0341. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/32924
Wulandari, A., Hunaida, W. L., & Muqit, A. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sma Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Untuk Pembelajaran Berkualitas Bagi Generasi Z. AICLeMa, 495–515. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.70-79.6
Zainuddin, A. (2020). Relevansi materi dakwah dengan kehidupan sehari-hari remaja: Pengaruh terhadap keterlibatan dalam kegiatan keagamaan. Jurnal Dakwah Dan Pendidikan, 10(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jdp.v10i1.6789
Zainuddin, M. (2023). The Dynamics of Islamic Dawah. In Routledge. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315815992
Bayu, Muchammad, Tejo Sampurno, Tri Kusumandyoko, Universitas Negeri Surabaya, Muh Ariffudin Islam, and Universitas Negeri Surabaya. “Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , Dan Pandemi COVID-19,” no. April (2020).
Fitriana, Rossa, Diaz Restu Darmawan, Efriani Efriani, and Deny Wahyu Apriadi. “Gejolak Fujoshi Dalam Media Sosial (Peran Media Twitter Dalam Pembentukan Identitas Kelompok Fujoshi).” Kiryoku 5, no. 2 (2021): 228–235.
Indartiwi, Asih, Julia Wulandari, and Tenti Novela. “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 28–31.
Jane Sabathani Putri, Rizaldy Andy Wijaya, and Vanessa Marcia Hitipeuw. “Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Gen Z Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora 1, no. 2 (2023): 187–195.
Khatimah, Husnul. “Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat.” Tasamuh 16, no. 1 (2018): 119–138.
Maliki, Ibnu Akbar, and Taufid Hidayat Nazar. “LIVING HADIS ISLAM WASATHIYAH: Analisis Terhadap Konten Dakwah Youtube ‘Jeda Nulis’ Habib Ja’far.” Nizham Journal of Islamic Studies 11, no. 01 (2023): 64–78.
Natalia, Natalia, and Muhammad Adi Pribadi. “Proses Interaksi Simbolik Dalam Budaya Organisasi Pembentukan Grup (Studi Etnografi JKT48).” Koneksi 4, no. 1 (2020): 76.
Rachman, Rio Febriannur. “Menelaah Riuh Budaya Masyarakat Di Dunia Maya.” Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies) 1, no. 2 (2017): 206–222.
Rizki Fadhilah, Anis, and Retna Hanani. “Difusi Inovasi Pelayanan Sedino Mesti Dadi (Semedi) Kabupaten Sragen.” Journal Of Public Policy And Management Review 13, no. 3 (2023).
Syakhrani, Abdul Wahab, and Muhammad Luthfi Kamil. “Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal.” Journal form of Culture 5, no. 1 (2022): 1–10.
Yusup, A, H, A Azizah, Sri Reejeki, Endang, and S Meliza. “Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial.” JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 5 (2023): 1–13. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/index.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mujibal Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.