MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS II SD NEGERI WAKARLELI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37552Keywords:
Membaca Permulaan, Metode Card Short, Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan metode card sort untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Wakarleli. Jenis penilitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat relektif, kolaboratif dan bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi dan kompetensi atau situasi pembelajaran. Penilitian ini berlokasi pada SD Negeri Wakarleli Kabupaten Maluku Barat Daya. Dari peelitia ini peneliti mengambil 9 (sembilan) orang siswa dari 20 (dua puluh) orang siswa yang ada di kelas II SD Negeri Wakarleli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan dari tes awal 49,65% meningkat pada Siklus I menjadi 65,11% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 74,11%, sehingga pada siklus II ketuntasan kriteria minimal (KKM) tercapai dari dari 9 orang siswa yang ada di kelas II SD Negeri Wakarleli. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.References
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigm Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Arokunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriani, L. 2020. Metode Card Sort Pada Pembelajaran Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series. 3(3), pp. 1–7.
Hasna, S. 2023. Penerapan Metode Card Sort Menggunakan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 4 Napabalano Kab. Muna. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid. 8(1), pp. 1–11.
Moleong, LJ. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nafisa, K., Al Fuad, Z. and Marlini, C. 2020. Pengembangan Media Pop Up terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. 1(1), pp. 1–14.
Pridasari, F. and Anafiah, S. 2020. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 6(2), pp. 432–439.
Sufanti, Main. 2008. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : Yuma Pustaka
Suleman, D., Hanafi, Y.R. and Rahmat, A. 2021. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7(2), p. 713-726.
Syaharuddin. 2008. Metode Card Sort. Bandung: PT Rafika Aditama.
Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dovila Johansz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.