MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN KAIWATU KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27064Keywords:
Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Cooperative Learning, Sekolah Dasar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketarampilan membaca pemahaman melalui model Cooperative Learning dalam meningkatkan katerampilan membaca pemahaman kelas IV SD Kristen Kaiwatu, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dan tes. Hasil belajar dari tes awal, siklus I,dan siklus II mengalami peningkatan antara nilai rata 57.46 meningkat menjadi 63.33 dan pada siklus II menjadi 83.33. Dengan demikian berdasarkan hasil belajar siklus II maka pembelajaran dikatakan berhasil karena 100% siswa memiliki nilai >70 atau KKM yang telah dintetukan. Dengan demikian maka penerapan model Cooperative Learning dapat meningktakan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Kristen Kaiwatu.References
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitan Suatu Praktek. Jakarta: Bima Aksara.
Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Amung. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Blanton. 2005. Tujuan Membaca. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2017. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Hari Amirullah. 2003. Alat Evaluasi Keterampilan Bermain Bola Basket: Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Jakarta: Depdiknas.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Solihatin, Etin & Rahardjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumadayo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelaajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.jYogyakarta: Graha Ilmu.
Sri Widiastuti. 2010. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa 4 SD Gilagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 7 Nomor 1. Hlm 47-59
Ulfatih. 2014. Metode Penelitian Kalitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayumedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dovila Johansz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.