PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS II MELALUI PENERAPAN MEDIA AJAR TUBOPIN DI UPT SDN 10 MAKALE SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42777Keywords:
Penerapan media TUBOPIN, Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan, Media ajarAbstract
Allo Turu’ Riana,2025. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan TUBOPIN Siswa Kelas II Melalui Penerapan Media Ajar TUBOPIN Di UPT SDN 10 Makale Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Hendrik, S.Pd., M.Pd dan (2) Trivena, S.Pd., M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan diterapkannya sedia ajar TUBOPIN dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II pada materi penjumlahan di UPT SDN 10 Makale Selatan?” Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya media ajar TUBOPIN dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II pada materi penjumlahan di UPT SDN 10 Makale Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari empat tahap yaitu: (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di UPT SDN 10 Makale Selatan yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan pada semester genap 2025/2026. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dengan penerapan media ajar TUBOPIN dapat dilihat dari tes formatif siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.References
Andriana, M., Killi, S., & Bera, L. (2023). Lesson Study Berbantuan Media Gelas Pintar. 6, 3647–3652.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Childhood, G., & Journal, E. (2022). Pengenalan Konsep Penjumlahan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok B Melalui Media Papan. 3(2).
Iis Wahyuningsih, Wijayanti, A., & Paryati. (2024). Keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 397–403. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22573
Kaif, S. H., & Fajrianti, F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Menguji Lemak pada Makanan melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton. Jurnal Elementary, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11851
Mikraj, A. L., Sahara, D. P., Katulung, M., & Nurhartina, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang Pada Siswa Kelas II SD YPK Bethania Mariadei. 5(1), 576–584.
Negeri, T. K., & Adipala, P. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Media Tutup Botol Pada Kelompok B 2 Ajeng Retno Kinasih. 2(2), 139–147.
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., Maharani, S. C., & Tangerang Ubiversitas Muhammadiyah. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matmatika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Ratu Pratiwi, A., Ayu Pratiwi, S., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Sakti, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Penjumlahan Bersusun dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 1, 156–164.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riana Turu’ Allo, Hendrik Hendrik , Trivena Trivena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.