IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA KELAS C22 UNU BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.42261Keywords:
UTS, C22Abstract
Masalah yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir analitis mahasiswa dibuktikan berdasarkan dari nilai UTS yang terdiri dari 5 soal dengan tingkatan soal hingga kemampuan berpikir analitis. Hasil rata-rata nilai kelas C22 adalah 68,66 yang tergolong dalam klasifikasi cukup. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa. Penelitan yang dilakukan menggukan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Pada penelitian yang dilakukan memakai model pembelajaran Discovery. penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan mulai dari refleksi awal, perancangan, penerapan, observasi hingga refleksi akhir. Subyek penelitian yaitu mahasiswa kelas C22 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal essay yang berjumlah 5 butir dengan indicator berpikir analitis. Teknik analisis data dengan membandingkan rata-rata kemampuan berpikir analitis yang telah diperoleh dari nilai akhir setiap siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata siklus I sebesar 83,72 sedangkan siklus II sebesar 88,56. Selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,84.References
Amalia, S. N. (2023). Resiliensi Sosial Pada Anak Single Parent Usia Dasar. Journal On Education, 5(2), 2857–2868. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.934
Amalia, S. N., & Pambudi, Moch. R. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Iquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18577–18582. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i2.9313
Ari Setyawan, R., Septina Kristanti, H., Profesi Guru, P., Kristen Satya Wacana, U., Negeri Dukuh, S., & Sidomukti, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.877
Ayu Lestari, N., Suly Eraku, S., & Ayu Lestari Pendidikan Geografi, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V2i2.11587
Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V3i1.13787
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V1i2.7131
Fitriani, Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(1), 55–67. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i1.64
Kemmis, S., Mctaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-4560-67-2
Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. Https://Doi.Org/10.34312/Geojpg.V2i1.20245
Mamusung, Y. Y., Nurfaika, N. N., & Lahay, R. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sma Negeri 1 Popayato. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 9–14. Https://Doi.Org/10.34312/Geojpg.V2i1.20047
Nurjanah, I. E., Irawan, E., Ekapti, R. F., Faizah, U. N., Tadris, J., Ponorogo, I., & Artikel, R. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(2), 108–117. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i2.142
Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips 3 Sman 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (Pej), 2(3), 28–32. Https://Doi.Org/10.28926/Pej.V2i3.529
Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.47134/Aksiologi.V3i1.119
Pambudi, Moch. R., & Masruroh, M. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 161–165. Https://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i2.14130
Rachmawan, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 1 Matauli Pandan T.P. 2020/2021. Jurnal Edu Talenta, 1(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.56129/Jet.V1i1.6
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109–117. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V6i2.2231
Sari, M. I., Pambudi, Moch. R., Gudu, B. O., & Tholibon, D. A. (2023). Effectiveness Of Problem Based Learning Model On Creative Thinking In Senior High School. Jambura Geo Education Journal, 4(2), 179–186. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V4i2.21806
Winarni, E. W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, R & D. Bumi Aksara. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Fx0meaaaqbaj
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shofi Nur Amalia , Moch. Rio Pambudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.