IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA KELAS C22 UNU BLITAR

Authors

  • Shofi Nur Amalia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Moch. Rio Pambudi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.42261

Keywords:

UTS, C22

Abstract

Masalah yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir analitis mahasiswa dibuktikan berdasarkan dari nilai UTS yang terdiri dari 5 soal dengan tingkatan soal hingga kemampuan berpikir analitis. Hasil rata-rata nilai kelas C22 adalah 68,66 yang tergolong dalam klasifikasi cukup. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa. Penelitan yang dilakukan menggukan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Pada penelitian yang dilakukan memakai model pembelajaran Discovery. penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan mulai dari refleksi awal, perancangan, penerapan, observasi hingga refleksi akhir. Subyek penelitian yaitu mahasiswa kelas C22 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal essay yang berjumlah 5 butir dengan indicator berpikir analitis. Teknik analisis data dengan membandingkan rata-rata kemampuan berpikir analitis yang telah diperoleh dari nilai akhir setiap siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata siklus I sebesar 83,72 sedangkan siklus II sebesar 88,56. Selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,84.

References

Amalia, S. N. (2023). Resiliensi Sosial Pada Anak Single Parent Usia Dasar. Journal On Education, 5(2), 2857–2868. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.934

Amalia, S. N., & Pambudi, Moch. R. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Iquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18577–18582. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i2.9313

Ari Setyawan, R., Septina Kristanti, H., Profesi Guru, P., Kristen Satya Wacana, U., Negeri Dukuh, S., & Sidomukti, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.877

Ayu Lestari, N., Suly Eraku, S., & Ayu Lestari Pendidikan Geografi, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V2i2.11587

Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V3i1.13787

Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V1i2.7131

Fitriani, Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(1), 55–67. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i1.64

Kemmis, S., Mctaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-4560-67-2

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. Https://Doi.Org/10.34312/Geojpg.V2i1.20245

Mamusung, Y. Y., Nurfaika, N. N., & Lahay, R. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sma Negeri 1 Popayato. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 9–14. Https://Doi.Org/10.34312/Geojpg.V2i1.20047

Nurjanah, I. E., Irawan, E., Ekapti, R. F., Faizah, U. N., Tadris, J., Ponorogo, I., & Artikel, R. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(2), 108–117. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i2.142

Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips 3 Sman 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (Pej), 2(3), 28–32. Https://Doi.Org/10.28926/Pej.V2i3.529

Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.47134/Aksiologi.V3i1.119

Pambudi, Moch. R., & Masruroh, M. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 161–165. Https://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i2.14130

Rachmawan, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 1 Matauli Pandan T.P. 2020/2021. Jurnal Edu Talenta, 1(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.56129/Jet.V1i1.6

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109–117. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V6i2.2231

Sari, M. I., Pambudi, Moch. R., Gudu, B. O., & Tholibon, D. A. (2023). Effectiveness Of Problem Based Learning Model On Creative Thinking In Senior High School. Jambura Geo Education Journal, 4(2), 179–186. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V4i2.21806

Winarni, E. W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, R & D. Bumi Aksara. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Fx0meaaaqbaj

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Amalia , S. N., & Pambudi, M. R. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA KELAS C22 UNU BLITAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2346–2351. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.42261