PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Authors

  • Ade Andriani Universitas Negeri Medan
  • Beby Nadia Nasution Universitas Negeri Medan
  • Desti Rahel Ayunda Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Samudera Efendi Marpaung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36018

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Quasi-Eksperimen, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Model Discovery Learning memungkinkan siswa secara mandiri mengeksplorasi konsep dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, ditemukan bahwa kedua kelas memiliki distribusi data normal dan varian homogen. Namun, hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan rata-rata skor pretest, sementara posttest tidak menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model Discovery Learning tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa. Faktor-faktor seperti durasi implementasi, kesiapan siswa, serta keterampilan guru dalam menggunakan metode ini kemungkinan berpengaruh terhadap hasil penelitian.

References

Alvira Oktavia Safitri, P. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningterhadap Peningkatan Hasil Belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9106-9114.

Darmawan, D. &. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 4(2), 182-197.

Dewi, E. R. (2018). Pembelajaran Modern dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.

Hosan. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kundi Sukses Impelemtaso Kurukulum 2013. Jakarta: ghalia Indonesia.

Jafar, A. F. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Al asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 190-199.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 29-34.

Lorna Ichnatun, M. Q. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Manajemen System Edmodo terhadap Hasil Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 7(2), 179-183.

Rissal, S. &. (2021). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring SMK Negeri 3 Salatiga. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1672-1684.

Utami. (2020). STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) , 20-26.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Andriani, A. ., Nasution, B. N. ., Sihotang, D. R. A. ., & Marpaung, S. E. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14902–14907. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36018