PENERAPAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Metta Mariam Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
  • Sulasmi Sulasmi Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
  • Azhar Shaka Sandiva Sugianto Putra Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35869

Keywords:

Flipped Classroom, Studi Kepustakaan, Kemandirian Belajar, Peserta Didik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas penerapan metoder flipped classroom untuk meningkatakan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mendeskripsikan penerapan model flipped classroom berdasarkan beberapa ahli dan berdasarkan studi referensi pendukung. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah penerapan metode flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Flipped classroom merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Metode ini memanfaatkan teknologi yang memberikan dukungan tambahan untuk belajar peserta didik dari berbagai media pembelajaran yang dapat diakses secara online di luar kelas, kemudian di dalam kelas dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang materi yang telah diperoleh peserta didik di luar kelas. Dengan demikian, flipped classroom memungkinkan peserta didik memiliki lebih banyak kesempatan belajar baik online maupun offline dan dapat membantu dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mereka

References

Abdullah, N. H., Shamsuddin, A., Wahab, E., & Muazu, M. H. (2018). Participation in continuous professional development training and perceived teaching assessment: A case study at the Malaysian Technical University. Business and Economic Horizons (BEH), 14(1232-2019–854), 530–541.

Bahri, S., Sujanto, B., & Madhakomala, R. (2020). MODEL IMPLEMENTASI PROGRAM LEMBAGA PENJAMINAN MUTU.

Curup, I. (2021). The Development of Lecturer Competency in Improving the Quality of Learning and Teaching at.

Eriana, E. S. (2021). Analisis Penerapan Metode Waterfall Dan Topsis Dalam Perancangan Sistem Pemeringkatan Kualitas Dosen Mengajar. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA), 2(4), 263–270.

Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.

Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(2), 145–165.

Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal Inovasi, 9(01).

Karsidi, D. (2005). Sosiologi pendidikan.

Kemal, I., & Rosyidi, U. (2021). Manajemen Sumber Daya Dosen Perguruan Tinggi. umsu press.

Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., Nurtanto, M., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Limbong, T., & Hasugian, A. H. (2016). Aplikasi e-Directory Berkas Tridharma Kinerja Dosen. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 1(2), 42–47.

Listyarini, D. (2017). Pengaruh Pemberian Sertifikasi Dosen, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Kota Semarang. PROCEEDINGS, 1(1).

Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., … Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Mudzakkir, M., Bustami, M. R., Ikomatussuniah, I., & Maler, W. (2021). The Policy of Honoris Causa Doctorate in Indonesian Higher Education 2000-2020. Journal of Governance and Public Policy, 8(3), 248–267.

Mustakim, B. (2011). Pendidikan karakter: membangun delapan karakter emas menuju Indonesia bermartabat. Samudra Biru.

Mwanza-Kabaghe, S., & Mofu-Mwansa, M. (2018). Lecturers experiences, challenges and prospects on continuing professional development. The Namibia CPD Journal for Educators, 88–105.

Nisa, W. I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Dosen. Idaarah, 2(2), 155–167.

Pane, D. S. P. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Dosen Politeknik di Kota Bekasi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 1–14.

Sugiarti, E., Mukrodi, M., & Mawardi, S. (2021). MONITORING KINEJA DOSEN: Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(4), 816–822.

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(2), 62–76.

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi & pengukurannya.

Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Yulia, T. (2016). IMPLEMENTASI TRI DARMA PERGURUAN TINGGI OLEH DOSEN PAK TAHUN AJARAN 2018/2019 DI STT “KRISTUS ALFA OMEGA” SEMARANG. Group, 1(2Ibid), 1.

Yulianto, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Bagi Pendidik. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 65–69.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Mariam, M. ., Sulasmi, S., & Putra, A. S. S. S. . (2024). PENERAPAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14721–14728. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35869