PENGARUH CONTINUOUS PROFESIONAL DEVELOPMENT (CPD) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35870Keywords:
Continuous Professional Development, Motivasi Kerja, Kinerja Dosen, Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi Continuous Professional Development (CPD) terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon; (2) kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon, dan (3) kontribusi Continuous Professional Development (CPD) dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan metode pengambilan data secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah dosen yang mengajar di Kabupaten Cirebon sebanyak 164 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi Continuous Professional Development (CPD) terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon sebesar 71,4% dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 20,102 > 1,974; (2) terdapat kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon sebesar 69,8% dengan nilai thitung > ttabel yaitu 19,328 > 1,974, (3) terdapat kontribusi Continuous Professional Development (CPD) dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Kabupaten Cirebon sebesar 80,9% dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 341,488 > 3,051 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.References
Abdullah, N. H., Shamsuddin, A., Wahab, E., & Muazu, M. H. (2018). Participation in continuous professional development training and perceived teaching assessment: A case study at the Malaysian Technical University. Business and Economic Horizons (BEH), 14(1232-2019–854), 530–541.
Bahri, S., Sujanto, B., & Madhakomala, R. (2020). MODEL IMPLEMENTASI PROGRAM LEMBAGA PENJAMINAN MUTU.
Curup, I. (2021). The Development of Lecturer Competency in Improving the Quality of Learning and Teaching at.
Eriana, E. S. (2021). Analisis Penerapan Metode Waterfall Dan Topsis Dalam Perancangan Sistem Pemeringkatan Kualitas Dosen Mengajar. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA), 2(4), 263–270.
Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.
Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(2), 145–165.
Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal Inovasi, 9(01).
Karsidi, D. (2005). Sosiologi pendidikan.
Kemal, I., & Rosyidi, U. (2021). Manajemen Sumber Daya Dosen Perguruan Tinggi. umsu press.
Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., Nurtanto, M., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Limbong, T., & Hasugian, A. H. (2016). Aplikasi e-Directory Berkas Tridharma Kinerja Dosen. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 1(2), 42–47.
Listyarini, D. (2017). Pengaruh Pemberian Sertifikasi Dosen, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Kota Semarang. PROCEEDINGS, 1(1).
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., … Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Mudzakkir, M., Bustami, M. R., Ikomatussuniah, I., & Maler, W. (2021). The Policy of Honoris Causa Doctorate in Indonesian Higher Education 2000-2020. Journal of Governance and Public Policy, 8(3), 248–267.
Mustakim, B. (2011). Pendidikan karakter: membangun delapan karakter emas menuju Indonesia bermartabat. Samudra Biru.
Mwanza-Kabaghe, S., & Mofu-Mwansa, M. (2018). Lecturers experiences, challenges and prospects on continuing professional development. The Namibia CPD Journal for Educators, 88–105.
Nisa, W. I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Dosen. Idaarah, 2(2), 155–167.
Pane, D. S. P. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Dosen Politeknik di Kota Bekasi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 1–14.
Sugiarti, E., Mukrodi, M., & Mawardi, S. (2021). MONITORING KINEJA DOSEN: Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(4), 816–822.
Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(2), 62–76.
Uno, H. B. (2007). Teori motivasi & pengukurannya.
Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.
Yulia, T. (2016). IMPLEMENTASI TRI DARMA PERGURUAN TINGGI OLEH DOSEN PAK TAHUN AJARAN 2018/2019 DI STT “KRISTUS ALFA OMEGA” SEMARANG. Group, 1(2Ibid), 1.
Yulianto, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Bagi Pendidik. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 65–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Metta Mariam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.