PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35576Keywords:
Quizizz, Media Penilaian, Pembelajaran daring, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran jarak jauh di Indonesia dimulai sejak April 2020 sebagai respons terhadap pandemi COVID-19, memaksa lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi untuk menjaga proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman guru dalam menerapkan Quizizz. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus pada pemahaman, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan Quizizz dalam penilaian daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz di SDIT Asy-Syifa telah dilaksanakan dengan efektif. Guru memahami dan memanfaatkan aplikasi ini dengan baik, mulai dari pembuatan akun, penyusunan soal, hingga pelaksanaan ujian dan evaluasi hasil. Quizizz terbukti meningkatkan interaktivitas dan transparansi penilaian, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Meski menghadapi tantangan seperti masalah sinyal, guru berhasil menemukan solusi praktis dan berencana untuk mengembangkan jenis soal lebih lanjut. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas penilaian pengetahuan berbasis daring tetapi juga dapat dijadikan model bagi lembaga pendidikan lainnya.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Emeliazola, & Supratman Zakir. (2024). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(2), 53–66. https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.753
Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Mukharomah, N. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN BERBASIS DARING DI MI AL MUQORROBIYAH. 2(1), 12–14.
Paling, S., Sari, R., Bakar, R. M., Yhani, P. C. C., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., Nurhamdiah, Hilir, A., & Sholihan. (2023). Belajar dan Pembelajaran.
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wulandari, A. D., Juni’ah, & Susilawati. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis, 147–157. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggi Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.