PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggi Pratama Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35576

Keywords:

Quizizz, Media Penilaian, Pembelajaran daring, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran jarak jauh di Indonesia dimulai sejak April 2020 sebagai respons terhadap pandemi COVID-19, memaksa lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi untuk menjaga proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman guru dalam menerapkan Quizizz. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus pada pemahaman, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan Quizizz dalam penilaian daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz di SDIT Asy-Syifa telah dilaksanakan dengan efektif. Guru memahami dan memanfaatkan aplikasi ini dengan baik, mulai dari pembuatan akun, penyusunan soal, hingga pelaksanaan ujian dan evaluasi hasil. Quizizz terbukti meningkatkan interaktivitas dan transparansi penilaian, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Meski menghadapi tantangan seperti masalah sinyal, guru berhasil menemukan solusi praktis dan berencana untuk mengembangkan jenis soal lebih lanjut. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas penilaian pengetahuan berbasis daring tetapi juga dapat dijadikan model bagi lembaga pendidikan lainnya.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Emeliazola, & Supratman Zakir. (2024). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(2), 53–66. https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.753

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Mukharomah, N. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN BERBASIS DARING DI MI AL MUQORROBIYAH. 2(1), 12–14.

Paling, S., Sari, R., Bakar, R. M., Yhani, P. C. C., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., Nurhamdiah, Hilir, A., & Sholihan. (2023). Belajar dan Pembelajaran.

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wulandari, A. D., Juni’ah, & Susilawati. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis, 147–157. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2219

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Pratama, A. ., & Budiono, H. . (2024). PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14319–14323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35576