PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Muthia Okta Violina Universitas Jambi
  • Arsil Arsil Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18978

Keywords:

Strategi Pembelajaran Reconnecting, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi pembelajaran Reconnecting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan wawancara, observasi melalui lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi reconnecting dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada motivasi elajar siswa. Pada siklus I pertemuan I tingkat motivasi belajar siswa sebesar 26,08%. Kemudian pada siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa naik menjadi 43,47%. Kenaikan ini terus berlanjut pada siklus II pertemuan I motivasi belajar siswa naik sebesar 60,86%. Hingga pada siklus II pertemuan II motivasi belajar siswa sudah menduduki persentase sebesar 78,26%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi reconnecting mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat dari peningkatan yang telah mencapai lebih dari 70% atau sebanyak 18 dari 23 siswa yang mampu memenuhi indikator keberhasilan peneliti.

References

Abdullah, Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Aflahah, M. (2019). Konsep Dasar Dan Pembelajaran. Pamekasan: CV Duta Media.

Agustina, Putri. (2017). Persepsi Guru Biologi SMA tentang Media Pembelajaran Materi Kingdom Animalia. Proceding Biology Education Conference. Vol 14. No 1.

Agustianti, R. dan Risma Amelia. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1. Nomor 1

Daulay, M. R. (2021). Application Of Reconnecting Methods To Improve Indonesian Learning Outcomes For Class II Studentssd Negeri 0511 Batang Tanggal Jae TP 2020/2021. Indonesian Journal of Basic Education, 4(2), 239–246.

Susanto. A (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Nashif, A. (2012). Motivasi dan belajar. Yogyakarta: PT Grafindo

Aries dan Haryono. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya. Malang. Aditya Medis Pubblishing.

Bayuni, H. K. (2020). Peningkatan Motivasi belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan dan pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan IPAS Realistik Pada Siswa. MPI, Vol. 1 No. 3, Desember 2020 e-ISSN: 2745-8601

Cahyono, A. E. (2018). Identifikasi Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP PGRI Jember. Efektor, 5(1), 18-25.

Dale H. Schunk. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi, Jakarta:PT.Indeks.

Dzulfikri, M. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Pembelajaran Reconnecting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran Kelas Xi Titl Semester I Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).

Hamzah B.Uno, dan Nina, L.(2016). LANDASAN PENDIDIKAN. PT Bumi aksara: Jakarta

Hidayat, I. (2019). Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press Kemendikbudristek (2022). Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia, Jenjang Pendidikan Dasar, No 033.

Maryati, S. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Reconnecting Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri PadangMutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif.

Mudasir. (2012). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Zanafa Fublishing.

Rafiqah M. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Metro Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Program S1 FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Republik Indonesia. Tahun (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Rizal, (2013). Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Teknik Reconnecting Di SDN 005 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim.

Rohmah, M. S. (2015). Pendekatan Brainstorming Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4 (2), hlm.190- 196.

Rosa, E., Nahwiyah, S., & Alhairi, A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Reconnecting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas Xi Tbsm Smkn 1 Kuantan Hilir. Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(1), 58-66.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Violina, M. O. ., Arsil, A., & Budiono, H. . (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 367–372. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18978