PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Dimas Afif Kurniawan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720

Keywords:

Media Pembelajaran Monopoli, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sesuai dengan Kurikulum 13 yang mengharapkan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian yang diawali dengan merumuskan masalah, kemudian menelusuri beberapa hasil penelitian yang revelan untuk dianalisis serta menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah ditemukan. 3 hasil penelitian yang telah dianalisis penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta 3 hasil penelitian lain yang telah dianalisis penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena sebelum melaksanakan permainan siswa diminta untuk mempelajari materi dengan baik. Dari hasil meta analisis yang telah dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli cukup efektif dan bisa menjadi salah satu pilihan guru untuk dijadikan media saat proses belajar mengajar. Dari penggunaan media ini siswa dapat belajar dan bermain sehingga menambah minat belajar siswa

Author Biography

Dimas Afif Kurniawan, Universitas Kristen Satya Wacana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana

References

Budiharti, Y. d. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Edupol (Edukatif Monopoli) untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Siswa. Y Yuniastuti, B Budiharti - Jurnal PGSD Indonesia, 2016 - ojs.upy.ac.id.

Faudany Agustiya, d. (2017). Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Students‟ Motivation and Science Learning Outcomes. F Agustiya, A Sunarso, S Haryani - Journal of Primary Education, 2017 - journal.unnes.ac.id.

Isa, A. B. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa,”. A Isa - Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 2010 - journal.unnes.ac.id.

Kristin, F. (2016). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. F Kristin - … Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian …, 2016 - jurnal.stkippersada.ac.id.

Mulianingsih. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. T Harjawati - repository.uinjkt.ac.id.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. A Nursyam - Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan …, 2019 - jurnal.iain-bone.ac.id, 2-8.

SARTIKANINGRUM, R. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN. R Sartikaningrum - Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas …, 2013 - eprints.uny.ac.id.

Sobandi, S. N. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. S Nurhasanah, A Sobandi - Jurnal Pendidikan Manajemen …, 2016 - ejournal.upi.edu, 128-135.

Subroto, d. (2016). Pemanfaatan Media Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. AG Subroto, RB Kiswardianta… - Florea: Jurnal Biologi …, 2016 - e-journal.unipma.ac.id, 49-54.

Suhendrianto. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TEGALASRI KEC. WLINGI KAB. BLITAR. S Suhendrianto - 2017 - etheses.uin-malang.ac.id.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Udin, S. W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Downloads

Published

2020-06-10