PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18980Keywords:
IPAS; Keaktifan Belajar; Model Think Pair Share (TPS).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar siswa dan juga observasi guru serta dokumentasi yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 153/IX Suka Makmur. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar IPAS siswa terlihat dari lembar observasi pada siklus I keaktifan belajar siswa 42,8% pada kategori (Sedang). Meningkat pada siklus II menjadi 77,3% dengan kategori (Tinggi). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 153/IX Suka Makmur dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).References
Achmad, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Model Pembelajaran TPS (Think Pair Dan Share) Di Kelas IV Muhammadiyah 28 Kel. Pulo Brayan Darat Ii Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
Agustina, T. A. H., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 233–245.
Ahmad, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(23), 274–283.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arlyanti, I., Kosasih, & Apriliya, S. (2018). Pemilihan Bahan Ajar Cerita Anak berdasarkan Karakteristik Siswa SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 221–231.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Karakteristik Peserta Didik: Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta?: Rineka Cipta.
Ekawati, W. (2022). Transformasi Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka untuk Indonesia Maju. RakyatNTT. https://rakyatntt.com/transformasi-pendidikan-melalui-kurikulum-merdeka-untuk-indonesia-maju/
Fadjrin, N. N. (2018). Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.
Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Husna, N. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Isjoni. (2014). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kasiwan, L. F., Gunowibowo, P., & Coesamin, M. (2014). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 3(2).
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalits Guru (Cetakan 3). Kata Pena.
Lasari, V. N., Fuadah, A., & Widiyanto, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 105–123.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT.Gransindo.
Maradona. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(5).
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78.
Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 67–72.
Miranty, A. A., Harjono, A., & Jaelani, A. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Scramble terhadap Hasil Belajar Tema 1 Alat Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Gugus 5 Kecamatan Selaparanitle Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1).
Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.
Murdhiah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Tapadaka. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 33–41.
Naziah, S. T., Maulana, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109–120.
Normawati, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match (Membuat Pasangan). Universitas Pasundan.
Nugraheni, A. S. (2012). Penerapan Strategi Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta:PT Pustaka Insan Madani.
Palili, S. (2017). Usaha Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP N 16 Makasar. Fitrah Jurnal Studi Pendidikan, 8(1), 39–56.
Purba, D. L., & Andhany, E. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang Diajar Dengan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Matematika Di MTs Swasta Umar Bin Khattab. AXIOM?: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 31–45.
Putri, E. N., & Purnami, A. S. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
Putro, R. E. (2019). Minat Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Godean Kabupaten Sleman Terhadap Pembelajaran Renang. Universitas Negeri Yogyakarta.
RI. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
RI. (2022). SK BSKAP Kemendikbudristek No. 33 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran (CP). Pub. L. No. 33.
Rianingsih, D., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. NATURALISTIC?: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–346.
Riswani, E. F., & Widayati, A. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With a Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 1–21.
Rosita, I., & Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10.
Rukmana, I., & H. Sugiro, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Scriptpada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio, 8(2), 584–588.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Ende 14. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11–16.
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukasni, N. K. (2019). Model Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS/Sejarah Siswa Kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2).
Sulistiani, T. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SDN Donomulyo 07 Kabupaten Malang. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS. Universitas Negeri Malang.
Utaminingsih, R., & Pratiwi, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 290–296.
Warlizasusi, J. (2021). Hipotesis Tindakan dan Pemilihan Tindakan. In Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Penerbit Adab.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Wijoyo, H. (2021). Monograf Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Minat Belajar Peserta Didik yang Beragama Buddha. Insan Cendekia Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lia Armalita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.