PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TELAAH YURISPRUDENSI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI

Authors

  • Novelina Andriani Zega IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.638

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe, Telaah, Yurisprudensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Telaah Yurisprudensi dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Telaah Yurisprudensi Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Pembda 2 Gunungsitoli tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas XI-IPA. Hasil penelitian adalah: 1) pelaksanaan proses pembelajaran Pada siklus I responden guru 50% pada pertemuan I dan 71,75% (Cukup) pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 60,87%. Angket kualitas pembelajaran siklus I mencapai 62,29% (cukup) Sedangkan pada siklus II mencapai 93,75% (baik sekali) pada pertemuan I dan mencapai kategori baik sekali dengan persentase 98,44% pada pertemuan II serta rata-rata 96,09%. Angket kualitas pembelajaran mencapai kategori baik sekali dengan persentase nilai 89,50%; 2) Nilai hasil rata-rata belajar pada siklus I sebesar 62,51 dan tergolong kurang dengan persentase ketuntasan 35,13% dan ketidaktuntasan 64,87%. Pada siklus II (kedua), nilai rata-rata hasil belajar 80,64 dan tergolong baik dengan persentase ketuntasan 86,48% dan ketidaktuntasan 13,52%.

Author Biography

Novelina Andriani Zega, IKIP Gunungsitoli

Prodi Pendidikan Biologi

References

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Aqib, Zainal, dkk, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Yrama Widya, Bandung.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp.1-202.

Isjoni, 2007, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta,Bandung.

Kunandar, 2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lie, Anita, 2008, Cooperatif Learning Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang- ruang Kelas, Grasindo, Jakarta.

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban, Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Slavin, Robert E., 2010, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.

Uno, Hamzah B, 2009, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Bumi Aksara, Jakarta.

Usman, Moh. Uzer, 2006, Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Wahyudin, Dinn, dkk., 2007, Pengantar Pendidikan, Universitas Terbuka, Jakarta.

Wiriaatmadja, Rochiati, 2009, Metode Penelitian Tindakan Kelas, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

Zega, N. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TELAAH YURISPRUDENSI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(1), 203–214. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.638

Most read articles by the same author(s)