ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOGRAPH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.647Keywords:
pembelajaran matematika, autograph.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi autograph. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autograph merupakan pembelajaran yang dapat melibatkan visual dan keaktifan mahasiswa dalam belajar matematika. Pembelajaran dengan menggunakan autograph merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan komputer sebagai salah satu alat bantu yang efektif dan efisien dalam menunjang kualitas pembelajaran. Aplikasi autograph adalah apalikasi yang mempelajari tentang dua dimensi, tiga dimensi, statistik, transformasi, geometri, persamaan, koordinat, differensial, grafik, serta aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa : 1) Aplikasi autograph merupakan aplikasi yang mudah dimiliki oleh mahasiswa, 2) Aplikasi autograph mudah dipelajari oleh mahasiswa, 3) Pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa dengan menggunakan autograph, 4) Mahasiswa menjadi termotivasi untuk belajar, 5) Mahasiswa dapat menggambar grafik dan bentuk geometri dengan lebih cepat, mudah dan menarik.References
Buchori, Achmad. 2010. Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3d Dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Ghozi 1&Hilmansyah. 2018. Visualisasi Geometris Aplikasi Integral: Studi Penggunaan Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika Teknik. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (1).
Hasibuan, Nailul Himmi. 2016. Pemanfaatan Autograph Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Cahaya Pendidikan, 2(1).
Hosnan, 2013. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Graha Indonesia
Prabowo &Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2).
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139