PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING AKIBAT PANDEMI CORONA VIRUS DISEASES 2019

Authors

  • Yakin Niat Telaumbanua IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1692

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring, Covid-19

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran daring, masalah-masah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan manfaat dari pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring akibat Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas FPMIPA IKIP Gunungsitoli. Metode Penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Dalam Penelitian ini, terdapat beberapa kesimpulan, yaitu: 1) pembelajaran daring/online sangat penting dilakukan untuk membantu proses pembelajaran yang tidak bisa dilakukan secara langsung, 2) pembelajaran daring menjadikan mahasiswa terbiasa belajar dengan mandiri dan bisa belajar di mana saja, 3) pembelajaran daring membuat mahasiswa menguasai serta mampu menggunakan teknologi dan internet, 4) jenis aplikasi pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring adalah WathsApp, Google Classroom dan Zoom Meeting karena memiliki fitur-fitur yang memudahkan dan membantu dalam penyampaian pembelajaran berupa materi maupun tugas dan penilaian kepada mahasiswa, 5) pembelajaran daring dapat efektif dilaksanakan jika ada perencanaan yang baik, dan adanya aturan untuk diikuti oleh seluruh pihak yang ada didalamnya.

Author Biography

Yakin Niat Telaumbanua, IKIP Gunungsitoli

Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP Gunungsitoli

References

Dewi, W.A.F (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Volume 2 Nomor 1. Hal. 55-61. Eduaktif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kusuma & Hamidah. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Volume 5 Nomor 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Suparman, M. Atwi. (2014). Desain Instruksional Modren. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Uno, H.B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Yuliana (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine. Volume 2, Nomor 1. Hal. 187-192.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Telaumbanua, Y. N. (2021). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING AKIBAT PANDEMI CORONA VIRUS DISEASES 2019. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 445–449. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1692