ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LOGIKA DI SMK PAB 4 KLUMPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34653Keywords:
Pemikiran, Logika, KritisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan siswa kelas sebelas di SMK PAB 4 Klumpang untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang melibatkan logika dalam matematika. Ini adalah pendekatan kualitatif untuk penelitian. Dalam penelitian ini, 21 siswa dari sebelas kelas menjadi subjek, dengan 6 siswa dipilih karena mereka memenuhi kriteria untuk subjek penelitian berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kritis (kuat, sedang, dan lemah). Peneliti menemukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa bervariasi dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki keterampilan berpikir kritis lemah, mereka yang memiliki kemampuan berpikir kritis kuat lebih mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis, dan mengevaluasi solusi. Meskipun memiliki keterampilan analitis yang baik, siswa sering kali kesulitan dalam mengevaluasi solusi, meskipun mereka mampu berpikir kritis. Siswa dengan keterampilan berpikir kritis lemah akan selalu kesulitan dalam semua bidang berpikir kritis, terutama dalam hal mengidentifikasi dan menjelaskan masalah.References
Adelia, P., Junsap, RM, Mustika, NI, & Santoso, G. (2022). Pengaruh Metode Inquiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra). Jurnal Pendidikan …, 01(03), 156–163. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/483%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/483/257
Ansori, M. (2020). Computational Thinking dalam Pemecahan Masalah. Dirasah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Studi Manajemen, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Pola Pikir Awal Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 28–40.
Aulia, BW, Rizki, M., Prindiyana, P., & Surgana, S. (2023). Peran Penting Jaringan Komputer dan Basis Data di Era Digital. JUSTINFO | Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1253
Cahyani, A., & Putri, SO (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, 2(1), 286–297.
Cahyani, HD, Hadiyanti, AHD, & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Kedisiplinan dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Dewi, AAK, Yohanie, DD, & Santia, I. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 207–217. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2184
Farida Maria Ulfaa, M Asikin, Dwidaati, NK (2019). Membangun keterampilan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan pendekatan STEM. Prosiding Seminar …, 4(2), hlm.614. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/348/368
Fernanda, A., Haryani, S., Tri Prasetya, A., & Hilmi, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2326–2336.
Fitria, K., & Fadlillah, M. (2023). Karakteristik Kecerdasan Logika dan Matematika dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan untuk Semua, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i2.2
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, EY (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, CK (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Barisan dan Deret Aritmatika yang Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Nurhayati, S., & Erviana, Y. (2024). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Presentasi Akademik: Evaluasi Berbagai Aspek Kualitas Penyampaian dan Interaksi. Jurnal CONSILIUM, 185–200.
Rosyad, AM, & Maarif, MA (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Rukmiyati, R., Dannur, M., & Fajriyah, F. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa Kelas VIII SMPI At-Tablighiyah, Desa Ponjanan Timur, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan. Sinar Dunia: Jurnal Penelitian Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 72.
Sakti, A. (2023). Peningkatan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Riset Klaster Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Saputra, H. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Saputra, YP, Baidowi, Wulandari, NP, & Hikmah, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 5(2), 85–74. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.16-23
Sari, AAI, & Lutfi, A. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inquiri. Jurnal Pedagogia Simki, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225
Shaleha, PU, Sumantri, P., Hutauruk, AF, Chandra, S., & Saragih, RGA (2023). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Memanfaatkan Media Film sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Medan. Education & Learning, 3(2), 13–19. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1034
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi tentang Manfaat Kemampuan Berpikir Kritis). Jurnal Sains dan Penelitian Sosial, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismi Nurul Aninda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.