ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP PAB 1 KLUMPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35090Keywords:
Representasi Matematika, Gaya Kognitif, Kemandirian Lapangan, Ketergantungan LapanganAbstract
Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial ulasan dari gaya kognitif Field Independence dan, (2) Untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial review dari gaya kognitif Field Dependence. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP PAB 1 Klumpang. Objek dalam penelitian ini yaitu menyelesaikan soal cerita pada materi aritematika sosial ditinjau dari gaya kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik Field Independence pada kelompok atas mampu mengubah ke bentuk representasi matematis visual atau gambar, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis yang diminta, pada kelompok sedang mampu mengubah representasi matematis persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis, sedangkan pada kelompok rendah tidak mampu mengubah ke dalam tiga representasi matematis yang dimintaReferences
Auliya, Z., & Lestariningsih, L. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 146–161. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.6445
Dimyati, Fatah, A., & Sudiana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Berbantuan Doratoon. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3), 193–203. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Fatmawati, N., Setyowati, D., & Setiawan, A. (2024). ANALISIS NILAI KARAKTER BERIMAN , BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN, 2(3), 163–172.
Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, CS (2020). Representasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis, Linguistik Dan Visual Spasial. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page1-15
Hutagaol, ASR, & Nasari, J. (2021). Analisis menggunakan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Pembelajaran Berani Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Nusantara Indah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 16–22. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22263
HUTAURUK, P. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 023905 Kebun Lada. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 69–77. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i1.361
Iriyani, D., Popiyanto, Y., & Anshori, S. (2019). PELATIHAN PENYUSUNAN ALAT EVALUASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( PROGRAM WONDERSHARE QUIZ CREATOR ) UNTUK GURU SDN AIRLANGGA I SURABAYA Kata Kunci : Evaluation Tool , Wondershare Quiz Creator Program. Jurnal Abdiku, 2 (2), 50–67.
Jahangiri, J., Oxman, V., & Stupel, M. (2022). Menguji Standar NCTM 2020 Menggunakan Matematika yang Ketat dan Berbagai Solusi untuk Masalah Geometris Tunggal. Resonance, 27(6), 1061–1077. https://doi.org/10.1007/s12045-022-1397-z
Konita, M., Asikin, M., & Asih, TSN (2020). Keterampilan konektif matematika ditinjau berdasarkan adversity quotient pada pembelajaran CORE. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Unnes, 11(1), 8–13.
Mahmudah, L., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Literasi Statistik Siswa Sma Ditinjau Dari Gaya Kognitif Sistematis Dan Intuitif. MATEMATIKA, 11(1), 255–267. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p255-267
Ningsi, S., Patta, R., & Hotimah. (2024). PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA KELAS V SD INPRES TAPPANJENG BANTAENG. Jurnal Inovasi Pedagogi & Teknologi (JIPTek), 2(2), 60–71.
Nining Anggraini, N., & Dwi Anjani, R. (2021). Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pangan Dan Gizi, 11(1), 42–49.
Novianti, EW, Arcana, IN, & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi untuk Siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820
Pambudi, GA, Widada, W., Nirwana, N., & Herawaty, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Sehari-hari Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 5(1), 91–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Putra Aryana, IM (2021). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER (Kajian Filsafat Pendidikan). Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 11(1), 1. https://doi.org/10.25078/klgw.v11i1.2372
Rismayanti, TA, Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286
Septantiningtyas, N., & Subaida, S. (2023). Gaya Kognitif Bidang Mandiri Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.378
Sholehah, NA, Yulianti, K., Gulvara, MA, Kurniawan, S., Rofi'ah, N., & Sejarah, A. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa: Tinjauan Sistematis Info Artikel Abstrak. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1391–1408. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17821
Sitorus, CW, & Yahfizham, Y. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis: Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Menggunakan Software Matematika Geogebra. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 107–116. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.736
Stiadi, E., Fitriani, F., & Putra, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Terkait Aspek Komunikasi, Matematika, Dan Representasi Pada Unsur Proses Literasi Matematis Pisa. JTMT: Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i1.1755
Tsurayya, A., & Ningrum, NK (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Diferensial Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2385–2397. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.866
Wulan, ER, & Anggraini, RE (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Jurnal Fokus Aksi Penelitian Matematika (Faktor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503
Wulandari, AP, Salsabila, AA, Cahyani, K., Nurazizah, TS, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Friska Mawar Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.