EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL BATIK TULIS GEDOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • Fadlilatul Atiqoh Universitas Negeri Surabaya
  • Mukhayyarotin N, R Jauhariyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32611

Keywords:

Efektivitas, LKPD, Kearifan Lokal, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Sistem pembelajaran Indonesia sekarang berfokus pada penguatan keterampilan abad ke-21, salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini mampu membuat peserta didik memperoleh pengetahuan baru melalui proses kerja sama dan pemecahan masalah serta berfokus pada proses belajar daripada pencapaian pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara sebelum dan sesudah diaplikasikan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes keterampilan berpikir kritis yang diujicobakan kepada peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Kerek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal ditinjau dari peningkatan hasil pre-test dan post-test peserta didik. Peningkatan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 33,09 dengan nilai n-gain 0,52 berkategori sedang. Sedangkan peningkatan skor rata-rata kelas replikasi sebesar 26,7 dengan nilai n-gain 0,41 berkategori sedang juga. Dengan demikian, disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog dinyatakan cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori peningkatan sedang.

References

Agustin, P. U. W., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal “Batik Lumbung Dan Tahu Tamanan” Untuk Siswa Sma Di Kecamatan Tamanan Bondowoso (Materi Suhu Dan Kalor). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 62. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7226

Arfika, Y., Wijayanti, A., & Saputro, H. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(2), 20–29. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL

Devi, R. M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Eduscience, 9(2), 405–417. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2810

Fikrina, Q. A., Sudarmin, S., & Priatmoko, S. (2022). Pengembangan E -LKPD Kesetimbangan Kuantitatif Asam Basa Terintegrasi PjBL Etno-STEAM Batik untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Karakter Konservasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 623–629. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Isro, A., Anggraito, Y., & Bintari, S. (2021). Description of Students’ Critical Thinking Skills in Integrated PjBL STEM Learning Environmental Change Material. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 237–243. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Madjid, R. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tunanetra Di Mtslb/a Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 305–314.

Mukti, F., & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57–63.

Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Pada Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.

Mulyani, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Sub Tema Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4179

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6, 903–913.

Pela, S. O. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berupa Batik Tulis Lampung Pada Materi Suhu Kalor Untuk Peserta Didik Kelas Xi.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Sari, K., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Ekosistem MTs Kelas VII. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(1), 63–72. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1092

Soeriaatmadja, R., Teguh Leksono, E., & Rosadi, H. (2022). Motif Batik Mega Mendung Sebagai Kearifan Lokal Dalam Inspirasi Rancangan Bahan Fabric Pada Desain Kursi Mobil Microcar. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 19(1), 109–118. https://doi.org/10.25105/dim.v19i1.15156

Sofiannida, L., Utaminingsih, S., & Su`ad, S. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.24176/jino.v1i2.2845

Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78–86. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.14081

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Atiqoh, F. ., & Jauhariyah, M. N. R. . (2024). EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL BATIK TULIS GEDOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11407–11415. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32611

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.