ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP KAB. PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32046Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Matematika, Sekolah PengerakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keyakinan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapannya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kesuksesan dan motivasi siswa di Sekolah Penggerak SMP Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi pandangan dan pengalaman guru terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru memiliki keyakinan kuat terhadap manfaat diferensiasi, melihatnya sebagai pendekatan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan individu siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. (2) Beberapa tantangan utama dalam menerapkan diferensiasi, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, dan kebutuhan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja. (3) Guru merasa bahwa diferensiasi memungkinkan perolehan pengetahuan yang lebih baik, pengembangan pemikiran dan penalaran logis, serta mendorong minat yang lebih besar terhadap matematika (4) Teknologi memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi, memungkinkan guru untuk memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa, memantau kemajuan mereka, dan memberikan umpan balik yang personal dan cepat. penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dalam matematika memiliki potensi besar untuk meningkatkan pencapaian akademik dan motivasi siswa. Meskipun ada tantangan dalam pelaksanaannya, pendekatan yang tepat dan penggunaan teknologi dapat membantu mengatasi hambatan tersebut dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan inklusif. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengoptimalkan strategi pengajaran mereka untuk mendukung keberhasilan semua siswa dalam belajar matematikaReferences
Bantis, AM (2008). Menggunakan instruksi menulis berbasis tugas untuk memberikan pengajaran yang berbeda bagi pembelajar bahasa Inggris. (Tesis Magister). Diperoleh dari database Disertasi dan Tesis ProQuest. (UMI No.1454078)
Ditasona, Candra. 2017. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. J.EduMat. Vol.2, no.1. Hal. 43 – 54.
Konstantinou-Katzi, P., Tsolaki, E., Meletiou-Mavrotheris, M., & Koutselini, M. (2013). Diferensiasi pengajaran dan pembelajaran matematika: studi penelitian tindakan di pendidikan tinggi. Jurnal Internasional Pendidikan Matematika dalam Sains dan Teknologi, 44(3), 332-349.
Lailiyah, Evi. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901). Vol. 1, no.2. Hal. 52 – 61. Hal. 52 – 61
Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2021). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekola Penggerak. 412–417. Wadu et al., 2019
Miles, MB& Huberman (1994) Anilisis data kualitatif: Sage
Murtianto, Y. H. (2013). Pengembangan Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran Matematika SMA Untuk Siswa Berbakat dan Cerdas Istimewa Di Kelas Akselerasi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–7.
Melesse, T. (2015). Pengajaran yang berbeda: Persepsi, praktik dan tantangan guru sekolah dasar. Jurnal Penelitian Sains, Teknologi dan Seni, 4(3), 253-264.
Njagi, MW (2014). Perspektif guru terhadap pendekatan pengajaran yang berbeda dalam pengajaran dan pembelajaran matematika di Kenya. Jurnal Internasional Humaniora dan Ilmu Sosial, 4(13), 236-241
Rodriguez, A. (2012). Analisis pengetahuan guru sekolah dasar dan penggunaan pengajaran yang Berbeda
Simanjuntak & Listiani. 2020. Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 2. Hal. 134 – 141.
Tomlinson, C. A. (2001). Differentiate instruction in mixed-ability classrooms.
Tomlinson, C. A. 2000. Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest.
Qutoshi, SB (2018). Fenomenologi: Filsafat dan metode penyelidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).
Wormeli, R. (2007). Diferensiasi: Dari perencanaan hingga praktik, kelas 6-12. Penerbit StenhouseBrimijoin, K., Marquissee, E., & Tomlinson, CA (2003). Menggunakan data untuk membedakan instruksi. Kepemimpinan Pendidikan, 61(4), 70-73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jumrawarsi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.