EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA “GEREJA KATEDRAL ROH KUDUS DENPASAR”
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41338Keywords:
Etnomatematika, Arsitektur Katedral, Ruang Sakral, Prinsip Geometri, Matematika BudayaAbstract
Eksplorasi etnomatematika pada Katedral Roh Kudus di Denpasar ini menyelidiki prinsip-prinsip matematika dan geometri yang rumit yang tertanam dalam desain arsitektur katedral tersebut, dengan fokus pada bagaimana pengetahuan budaya dan matematika saling terkait dalam ruang arsitektur sakral. Penelitian ini mengkaji elemen struktural, tata ruang, pola simetri, dan hubungan proporsional yang mengungkap keterhubungan antara prinsip desain tradisional Bali dan konsep matematika. Dengan menganalisis fitur arsitektur katedral melalui lensa etnomatematika, penelitian ini menunjukkan bagaimana pemahaman matematika diwujudkan dalam konteks arsitektur religius, menjembatani warisan budaya dan penalaran matematis. Penyelidikan ini memberikan wawasan tentang representasi matematika yang halus yang melekat dalam ruang sakral, menyoroti pentingnya memahami pengetahuan matematika sebagai ekspresi budaya di luar kerangka akademik konvensional. Temuan ini berkontribusi pada diskusi yang lebih luas tentang etnomatematika, desain arsitektur, dan hubungan antara praktik budaya dengan pemikiran matematis.References
Ascher, M. (1991). Ethnomathematics: A Multicultural View of Mathematical Ideas. Brooks/Cole Publishing Company.
Bishop, A. J. (1988). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education. Kluwer Academic Publishers.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Heath, T. L. (1981). A History of Greek Mathematics (Vol. 1). Dover Publications.
Martina, I., Sudarti, E., & Rohman, F. (2018). Etnomatematika dalam Arsitektur Bangunan Tradisional. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 167-182.
Nasution, H. (2015). Matematika dalam Budaya: Studi Etnomatematika pada Bangunan Keagamaan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 120-135.
Presmeg, N. (2016). Introducing Ethnomathematics: A Challenging Journey. In Research in Mathematics Education (pp. 55-74). Springer.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2007).
Ethnomathematics: the cultural dynamics of the mathematical ideas. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 38(6), 679-689.
Serepinah, M., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 148–157.
Setiawan, A. (2020). Arsitektur Religius di Bali: Perpaduan Budaya dan Spiritualitas. Jurnal Arsitektur Indonesia, 5(2), 45-60.08:44
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Etnomatematika: Konstruksi Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(3), 125-132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Made Sinta Lestari, Irene Nakisoma, Salma Safina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.