IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 01 SARILAMAK

Authors

  • Jumrawarsi Jumrawarsi STKIP YDB Lubuk Alung
  • Siska Oktawidya Wati STKIP YDB Lubuk Alung
  • Fitria Fitria Sekolah SDN 01 Sarilamak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557

Keywords:

Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Implementasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan (2) ketercapaian muatan dimensi sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Tema yang dipilih ialah Gaya Hidup Berkelanjutan pada Fase B. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi P5 di Sekolah ini meliputi mendesain P5, pengelolaan P5, pengolahan asesmen dan laporan hasil P5 serta evaluasi dan tindak lanjut. a) desain P5 terdiri dari membentuk tim, mengidentifikasi kesiapan sekolah, menentukan dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila yang ingin dikuatkan, menentukan tema, merencanakan waktu, alur, asesmen, dan membuat modul; b) pengelolaan P5 meliputi kontekstualisasi, aksi P5, serta perayaan hasil belajar; c) pengolahan asesmen dan pelaporan hasil P5 meliputi mengoleksi, mengolah hasil asesmen, dan penyusunan rapor proyek; d) evaluasi dan tindak lanjut P5 berupa penguatan karakter serta melanjutkan kebiasaan yang baik dengan membentuk polisi lingkungan dan membuat bank sampah (2) ketercapaian muatan dimensi pada tahap berkembang sesuai harapan (BSH) dapat terlihat dari; a) dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia ditemukan sebanyak 51 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 85%, b) dimensi kreatif ini ditemukan sebanyak 48 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 80% dan c) dimensi gotong royong ditemukan sebanyak 54 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 90%.

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program pendidikan. In Medan: Perdana Publishing (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15281

Atmaka, P. (2022, August 1). Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah Dan Mandiri Berbagi. https://pendidikan.infoasn.id/apa-saja-perbedaan-ikm-mandiri-belajarmandiri-berubah-dan-mandiri-berbagi/

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., & Khamdi, I. M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik | Jurnal Jendela Pendidikan. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati, E. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui

Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647–4653. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.575

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Suriyati, C. ., & Lubis, M. D. A. . (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710-7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Jumrawarsi, J., Wati, S. O. ., & Fitria, F. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 01 SARILAMAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1031–1042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557