NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI PACU JALUR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS IV A SDN 004 MUARO SENTAJO

Authors

  • Lestari Febrianti Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31534

Keywords:

Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Karakter Kerja Keras, Pacu Jalur

Abstract

Artikel ini ditulis menggunakan metode naratif. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal tradisi pacu jalur dalam membentuk karakter kerja keras siswa kelas IV A SDN 004 Muaro Sentajo. Jenis penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan metode naratif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 004 Muaro Sentajo yang beralamat di Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terhimpun dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Penyajian Data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam suatu pembelajaran dapat memperbaiki kualitas  pendidikan, moralitas masyarakat, dan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini  bertujuan untuk mengembangkan karakter dan sikap positif pada setiap siswa sehingga mereka  menjadi individu yang berakhlak baik. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal, siswa  tidak hanya mengalami pertumbuhan intelektual, tetapi juga aspek emosional dan spiritualnya. Nilai kearifan lokal dari pacu jalur tersebut ialah, Gotong royong, religius, disiplin, tanggung  jawab, persatuan, bersahabat, Kerja keras, dan sportifitas. Dari nilai-nilai kearifan lokal tersebut karakter yang akan tampak sekali ditonjolkan ialah nilai karakter kerja keras.

References

Abdjul, T., & Katili, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jambura Physics Journal, 3(2), 112–119. Https://Doi.Org/10.34312/Jpj.V3i2.11166

Andi, D., Abid, M., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Kearifan Budaya Lokal. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 149–153. Http://Dx.Doi.Org/10.31237/Osf.Io/Zdk3w

Efendi, E. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Sejarah Materi Sejarah Kerajaan Maritim Islam Di Sma Negeri 3 Demak. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang

Marhadi, H., Saw, N. M., Fitri, I., & Jalur, P. (N.D.). Provinsi Riau Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Adapun Pengertian Pacu Dalam Pacu Jalur Tapi Sudah Masuk Dalam Agenda Wisata. C.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. Https://Doi.Org/10.14710/Gk.2018.3580

Putra, M. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Melalui High Order Thinking Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal Of Basic Education, 2(3), 459–468.

Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1–14.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Ungkapan Hikmah Di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i1.24931

Septiana, S., & Alimin, A. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 156–168. Https://Journal.Ikippgriptk.Ac.Id/Index.Php/Bahasa/Article/View/619

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 1 (1), Hal 48-53

Syarif, I & Muhidin, A. R. (2020). Penanaman Nilai Keaarifan Lokal Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Multikultular. Journal Of Social Studies, Vol 1 (2), Hal 185-197

Waskurba. (2020). Analisis Konsep Kearifan Lokal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Pasar Senin Kamis Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Yusri, A. Z. Dan D. (2020). Tradisi Pacu Jalur Sebagai Penguat Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Febrianti, L. ., & Dafit, F. . (2024). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI PACU JALUR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS IV A SDN 004 MUARO SENTAJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10035–10043. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31534