PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 07 KAMPUNG BARU KABUPATEN PELALAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31921Keywords:
Pembelajaran Diferensiasi, Kurikulum Merdeka, Peserta DidikAbstract
Keberagaman karakteristik peserta didik menjadi salah satu tantangan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengakomodasi keberagaman karakteristik dan minat peserta didik adalah kunci keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri. Model Pembelajaran Diferensiasi merupakan Upaya adaptasi di dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Oleh karena itu, ingin dikaji lebih lanjut bagaimana Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 07 Kampung Baru Kabupaten Pelalawan,. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan naratif. Sumber penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri 07 Kampung Baru Kabupaten Pelalawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 07 Kampung Baru Kabupaten Pelalawan dilaksanakan berdasarkan prinsip dari pembelajaran Diferensiasi yang meliputi: 1.Konten yaitu kurikulum dan materi pembelajaran harus sesuai dengan Tingkat kesiapan dan minat siswa. 2.Proses yaitu cara guru mengajarkan materi, gaya belajar siswa, dan aktivitas siswa dibedakan berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. 3.Produk yaitu hasil akhir pembelajaran menyesuaikan dengan Tingkat kesiapan, minat dan profil belajar siswa.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanisa Rahmadini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.