ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 83 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32351Keywords:
Nilai-nilai, Multikultural, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai multikultural yang ada pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas V SDN 83 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah naratif dengan henis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasilnya dapat di simpulkan bahwa nilai demonartis tentang kebebsan mengemukakan pendapat,sikap menghargai pendapat orang sudah dibterapkan dalam peroses pembelajaran dan terdapat dalam buku bahasa indonesia siswa,kemudian nilai humanisme mengani keseteraan dan keadilan sudah di terapkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia,dan sikap empati dan kepedulian ini sudah di terapkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Dan nilai pluralisme tentang sikap menghargai budaya,suku,bahasa dan agama sudah di terapkan dalam proses pembelajaran,tetapi menghargai agama yang paling sering di terapkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Nilai nilai multikultural penting di terapkan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia untuk membangkitkan semangat belajar dan dapat menanamkan sikap menghergai pendapat serta kebuyaan orang lain dalam diri siswa di kelas V SDN 38 pekanbaru.References
Adekni, & Nana Sentiya. (2022). Konsep Kesetaraan Dan Keadilan Multikultural Dalam Pendidikan Islam. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 24–30.
Almubarok, F. (2018). Keadilan Dalam Perspektif Islam. Journal ISTIGHNA, 1(2), 115–143. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.6
Arrovia, Z. I. (2021). Multicultural Values in Pendalungan Culture in Jember Regency. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 66–84.
Citra Prapaskalis, B. E., & Wilhelmus, O. R. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Dan Pluralisme Dalam Diri Para Siswa Di Smak St. Bonaventura Madiun Melalui Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 21(2), 30–49.
Faiqoh, N. (2017). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 110, Issue 9).
Laily, S., Nim, A., Diajukan, T., Magister, P., Ilmu, F., Dan, T., Uin, K., Kalijaga, S., Salah, M., Syarata, S., Memeproleh, G., Magister, G., Magister, P., & Yogyakarta, P. (2021b). Teks Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Mi / Sd (Vol. 8, Issue 1).
Minuchin. (2018). Pengalaman Muhammadiyah Membumikan Nilai-nilai Pluralisme. Jurnal Ilmiah Keislaman, 4(117), 147–173.
Mustika, P., & Sugeng, A. (2019). Silaturahim Sebagai Bentuk Utama Dalam Kepedulian Sosial Pada Tradisi Weh-Wehan Di Kaliwungu. Indonesian Journal of Conservation, 8(1), 41–50.
Rukmini, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA 7, 40–47.
Sabran. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 1–21.
Susilawati, W. O., Novitasari, A., Prananda, G., Apreasta, L., & . A. (2020). Pengaruh Pemahaman Hak Asasi Manusia (Ham) Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Orang Lain Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn Fkip Uad. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 91.
Syariah, K. B., & Ilmu, G. (2018). Pendidikan Multikultural Pada Pendidikan Bahasa Dan Budaya (Issue september 2016).
Triana, H., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Nilai-nilai Multikultural dalam pendidikan Pancasila dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 2442–9511.
Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 tentang Kemerdekaan berserikat, dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan
Widiyani, U. (2022). Peran Guru Ips Dalam Menanamkan Sikap EmpatiDan Kepedulian Sosial Kelas Xi Sman 1 Slahung Ponorogo.
Yoon, C. (2014). No Implementasi Pendidikan Multikultural. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Fitri Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.