EKSPLORASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31261Keywords:
Project Based Learning (PBL), Literasi, NumerasiAbstract
Motivasi yang tinggi ini sering kali menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan keterampilan yang lebih kuat, baik dalam literasi maupun numerasi.Penelitian ini akan menyajikan bagaimana PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai aspek. Penelitian ini meneliti dampak Project Based Learning (PBL) terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa SMP Neg. 12 Medan. Data survei dari siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, dengan validitas diuji oleh ahli pendidikan dan reliabilitas diukur menggunakan koefisien Cronbach's Alpha. Hasilnya menunjukkan bahwa PBL memiliki dampak positif signifikan, meningkatkan kemampuan membaca, menulis, pemahaman informasi, serta pemahaman angka dan aplikasi konsep matematika. Tingkat kepuasan dan motivasi belajar siswa terhadap PBL juga tinggi. Analisis menunjukkan bahwa frekuensi partisipasi dan kepuasan terhadap PBL merupakan prediktor utama peningkatan literasi dan numerasi. Temuan ini mendukung implementasi PBL dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa.References
Aminullah, W. and Liansari, V. (2023). Analisis perkembangan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar menggunakan metode montessori. Kurikula Jurnal Pendidikan, 7(2), 120-135. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.856
Ardianti, S. (2023). Penerapan model pembelajaran radec terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Kajian Islam Modern, 10(01), 59-67. https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.343
Arifin, S., Sumaryoto, N., & Suendarti, M. (2022). Pengaruh minat belajar dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jumlahku Jurnal Matematika Ilmiah Stkip Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 66-79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408
Arisandi, O. (2024). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 243-262. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1286
Dewi, N. (2018). Penerapan penelitian tindakan kelas cooperative learning tipe peer teaching untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi. Bio-Pedagogi, 7(2), 59. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27622
Fuadi, H., Robbia, A., Jamaluddin, J., & Jufri, A. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Ghani, A., Rahim, A., Yusoff, M., & Hadie, S. (2021). Effective learning behavior in problem-based learning: a scoping review. Medical Science Educator, 31(3), 1199-1211. https://doi.org/10.1007/s40670-021-01292-0
Haswati, D., Aini, R., Selpiyani, S., & Permadi, U. (2019). Pengaruh model pembelajaran pace terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi. Jurnal Tadris Matematika, 2(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.101-110
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender based perception on understanding mathematics concept by using pbl. Humanisma Journal of Gender Studies, 3(1), 58. https://doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1061
Ita, I., Anwar, A., & Mucti, A. (2022). Efektivitas metode peer teaching terhadap hasil belajar matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 879-884. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.242
Maghfiroh, F., Amin, S., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Mardika, T. (2019). Analisis faktor-faktor kesulitan membaca menulis dan berhitung siswa kelas 1 sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Mardika, T. (2019). Analisis faktor-faktor kesulitan membaca menulis dan berhitung siswa kelas 1 sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Mendari, A. and Kewal, S. (2016). Motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304
Mardani, N., Atmadja, N., & Suastika, I. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap motivasi dan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 5(1), 55-65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272
Musdar, M., Hamzah, H., & Suandi, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di smk negeri 7 majene. Phydagogic Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 99-106. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1783
Naim, N. (2024). Pbl pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran problem based learning (pbl), dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas viii ips di smp negeri 12 malang. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(3), 445-458. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v5i3.3642
Nurhayati, S., Astuti, E., & Darmono, P. (2022). Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa sma. Pythagoras Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 165-173. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4473
Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang sd/mi. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381-3390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348
Rahmasari, U. (2022). Persepsi guru mengenai pentingnya kemampuan mengembangkan soal tes berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1105-1112. https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12345
Samad, I. (2023). Kemampuan literasi numerasi matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 100-107. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3159
Santi, F. (2024). Peningkatan gerakan literasi sekolah melalui pelatihan pembuatan mading di sd muhammadiyah sambeng. Abdimasku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 271. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1852
Sari, Y., Permatasari, R., & Saputro, E. (2022). Efektivitas model problem based learning (pbl) pada keterampilan metakognisi siswa. Quantum Jurnal Pembelajaran Ipa Dan Aplikasinya, 2(1), 12-22. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.730
Sativa, B. and Eliza, D. (2023). Pengembangan e-modul literasi sains anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1564-1574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4037
Seibert, S. (2021). Problem-based learning: a strategy to foster generation z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Supriatna, I. (2024). The effect of motivation and interaction effects on improving mathematical comprehension skills through problem and inquiry-based learning. Journal of Integrated Elementary Education, 4(1), 42-53. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i1.21227
Utama, F. (2023). Students numerical literacy ability in problem based learning with ethnomatematics nuances. Prima Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 98. https://doi.org/10.31000/prima.v7i2.8387
Wahyuningtyas, R. and Kristin, F. (2021). Meta analisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676
Wijaya, I., Diantari, N., & Anggreni, N. (2022). Korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas v sd no. 2 kekeran. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 205-215. https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.2001
Yulaistin, S. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas ix smp pada materi translasi. Didactical Mathematics, 4(1), 31-39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Amaliyah Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.