OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH

Authors

  • Slamet Riyadi Universitas Gajah Putih
  • Patriandi Nuswantoro Universitas Gajah Putih
  • Indah Merakati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Irwandi Sihombing Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Andika Isma Universitas Negeri Makassar
  • Dindin Abidin Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731

Keywords:

Pengelolaan SDM, Pendidikan Inklusif, Kualifikasi Guru, Penempatan Siswa, Kolaborasi Tim, Kepemimpinan Sekolah, Sumber Daya Finansial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengidentifikasi peran kunci kualifikasi guru, penempatan siswa, kolaborasi tim, kepemimpinan sekolah, dan alokasi sumber daya finansial dalam mendukung pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan SDM yang optimal adalah pondasi penting dalam memastikan kesuksesan pendidikan inklusif. Guru yang berkualifikasi, dukungan siswa dengan kebutuhan khusus di kelas reguler, kolaborasi tim yang efektif, kepemimpinan sekolah yang berkomitmen, dan alokasi anggaran yang memadai menjadi faktor kunci. Temuan ini memiliki implikasi penting untuk pengembangan kebijakan dan praktik dalam pendidikan inklusif di sekolah, dengan harapan meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan hak pendidikan yang setara bagi semua siswa.

References

Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis Of Online Learning Media On Pjok Learning Outcomes. Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 64–69.

Ahyar H, Maret Us, Andriani H, Sukmana Dj, Mada Ug, Hardani Sp, M. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Baru Press.

Andriani, A. D. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Quantum Brain Makassar.

Andriani, N., & Hidayat, M. (2023). Pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 215–220.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.723

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784

Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., Kurniawati, K. L., & Fatmawan, A. R. (2023). Latihan Drill: Apakah Berpengaruh Terhadap Kemampuan Bermain Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar? Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan, 3(1), 89–97.

Hudain, M. A., Kamaruddin, I., Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Ariestika, E. (2023). Investigation Of Nutritional Status, Vo2max, Agility, Speed, And Strength: A Cross-Sectional Study In Basketball Athletes. Journal Sport Area, 8(2), 261–271.

Ikramullah, I., & Sirojuddin, A. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139.

Komang Agus Indrayasa, I Putu Panca Adi, & Ni Putu Dwi Sucita Dartini. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Pjoktema Diriku Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 108–113. Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V6i1.1142

Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 28–37.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.

Pangesti, P. W., & Hanifuddin, I. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Mtsn 1 Ponorogo. Excelencia: Journal Of Islamic Education & Management, 1(02), 15–30.

Rahma, A. N. (2023). Optimalisasi Manajemen Dalam Penerapan Inklusi Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jme Jurnal Management Education, 1(01), 27–36.

Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z Dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif Sdgs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 161–167.

Rusliyawati, R., Wantoro, A., Susanto, E. R., Fitratullah, M., Yulianti, T., & Sulistyawati, A. (2022). Program Sekolah Binaan: Pelatihan, Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Public Speaking Dalam Kepemimpinan Pengurus Osis Dan Pramuka. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 3(2), 280–286.

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&G. Alfabeta.

Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif Di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 5(2).

Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter Pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V7i2.3085

Wahyuningtyas, P. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Mts N 1 Ponorogo. Iain Ponorogo.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Riyadi , S., Nuswantoro, P. ., Merakati, I. ., Sihombing, I. ., Isma, A., & Abidin, D. . (2023). OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 130–137. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731