PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

Authors

  • Baso Intang Sappaile Universitas Negeri Makassar
  • Sudiyarti Sudiyarti Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Sri Hardianty STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Novidawaty Tambunan Institut Teknologi Mitra Gama
  • Meriyati Meriyati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hendra Sudarso STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30953

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kualitas Pendidikan, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengumpulkan, menelaah, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan efektivitas pembelajaran. Platform e-learning, multimedia, dan sistem pembelajaran adaptif memungkinkan personalisasi dan interaktivitas yang lebih baik dalam proses belajar mengajar. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, literasi digital yang rendah, dan biaya implementasi yang tinggi perlu diatasi. Strategi yang disarankan meliputi peningkatan infrastruktur teknologi, program pelatihan kompetensi digital, dan integrasi teknologi dalam kurikulum. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat digunakan secara optimal untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Sappaile, B. I. ., Sudiyarti, S., Hardianty, S. ., Tambunan, N. ., Meriyati, M., & Sudarso, H. . (2024). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9127–9134. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30953

Most read articles by the same author(s)