ANALISIS PEMAHAMAN ANAK BERBAKAT ISTIMEWA MELALUI STUDI KASUS IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Authors

  • Khairani Khairani Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang
  • Erwin Erlangga Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31218

Keywords:

Anak Berbakat Istimewa, Model Pembelajaran, Pengembangan Potensi, Tantangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pemahaman anak berbakat istimewa melalui studi literatur, dengan fokus pada implementasi model pembelajaran yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berbakat istimewa memiliki karakteristik unik seperti kemampuan kognitif di atas rata-rata dan kreativitas tinggi, yang memerlukan pendekatan pendidikan khusus. Tantangan utama dalam pendidikan mereka termasuk kurangnya pengenalan formal dan pelatihan bagi guru. Model pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif anak berbakat. Guru yang terlatih khusus dan dukungan dari lingkungan sekolah serta orang tua sangat penting dalam mengembangkan potensi anak berbakat istimewa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik dan kolaboratif diperlukan untuk memastikan perkembangan optimal anak berbakat istimewa.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Khairani, K., Sugiarti, R. ., & Erlangga, E. . (2024). ANALISIS PEMAHAMAN ANAK BERBAKAT ISTIMEWA MELALUI STUDI KASUS IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11586–11593. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31218

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)