ANALISIS PEMAHAMAN ANAK BERBAKAT ISTIMEWA MELALUI STUDI KASUS IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31218Keywords:
Anak Berbakat Istimewa, Model Pembelajaran, Pengembangan Potensi, Tantangan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pemahaman anak berbakat istimewa melalui studi literatur, dengan fokus pada implementasi model pembelajaran yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berbakat istimewa memiliki karakteristik unik seperti kemampuan kognitif di atas rata-rata dan kreativitas tinggi, yang memerlukan pendekatan pendidikan khusus. Tantangan utama dalam pendidikan mereka termasuk kurangnya pengenalan formal dan pelatihan bagi guru. Model pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif anak berbakat. Guru yang terlatih khusus dan dukungan dari lingkungan sekolah serta orang tua sangat penting dalam mengembangkan potensi anak berbakat istimewa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik dan kolaboratif diperlukan untuk memastikan perkembangan optimal anak berbakat istimewa.Downloads
Published
2024-08-06
How to Cite
Khairani, K., Sugiarti, R. ., & Erlangga, E. . (2024). ANALISIS PEMAHAMAN ANAK BERBAKAT ISTIMEWA MELALUI STUDI KASUS IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11586–11593. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31218
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Khairani Khairani, Rini Sugiarti, Erwin Erlangga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.